Saturday, November 9, 2013

Di Jambi Nggak Ada Apapun? Siapa Bilang?


Halo.. di postingan kali ini gue bakal ngebahas tempat tinggal gue..

JAMBI!

"Jambi dimana, kak?"

"Beli atlas dulu, sana!"

Jambi adalah kota. Bukan sekedar kota, tapi tempat kelahiran gue. Gue heran dengan orang-orang yang mengatakan bahwa Jambi nggak ada sesuatu yang ada di tempat lain (walau masing-masing daerah punya khas tertentu). Bahkan gue pernah bikin postingan yang berjudul "Jambi solusi alternatif buat yang nggak kesampaian ke Jakarta". 

Memang, sih, Jambi masih termasuk dalam kategori "Kota berkembang". Tapi, gue bangga dengan Jambi walau masih dalam tahap berkembang, kenapa? karena semakin maju sebuah kota, maka semakin banyak masalah yang ditimbulkan. 

Contohnya, meningkatnya jumlah pengendara mobil yang bisa menyebabkan kemacetan dan polusi. perluasan area dengan digusurnya hutan yang bikin panas dan gampang banjir. Banyaknya proyek-proyek yang membangun sebuah gedung. Kalau bangkrut, gedung akan menjadi sia-sia.

Gue bangga, karena Jambi istilahnnya kota yang adem-ayem untuk di tempatin. Angka kemacetan nggak tinggi (Buat yang tinggal di Jambi, pasti tau dengan simpang mayang dan telanai kalau malam minggu). Tapi, macetnya hanya sebentar, bisa sabar untuk ditunggu.

Nih, gue kasih dulu sedikit tentang Jambi menurut abang wikipedia..
Jambi adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera. Jambi adalah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukotanya bernama sama dengan nama provinsinya, selain Bengkulu dan Gorontalo. Jambi merupakan tempat berasalnya Bangsa Melayu yaitu dari Kerajaan Malayu di Batang Hari Jambi. Bahasa Melayu Jambi sama seperti Melayu Palembang dan Melayu Bengkulu, yaitu berdialek "o". Sumber: Wikipedia
Jadi, kalau kejambi itu nggak perlu canggung bagaimana tata bahasanya. Jika akhirannya "A", maka tinggal diubah "o". Contohnya, apa jadi apo.

"Trus, ada apa lagi disana? cuma itu?"

"Sabar, simak dulu sampai kelar.."

Buat yang suka wisata ke tempat-tempat sejarah, cocok banget nih ke Jambi. Jambi punya komplek percandian terluas se-nusantara bahkan se-asia tenggara. Nah, lho. Bahkan candi muara jambi dikenal sebagai tempat perguruan tinggi kerajaan Sriwijaya.

Nih, penampakan candi muaro Jambi.

Candi gumpung (Muaro Jambi). Pic by Id.wikipedia.org

pic by harpin.wordpress.com

Buat yang pengen lengkap tentang candi muaro Jambi? baca aja disini 

Di kawasan candi muaro jambi juga terdapat danau kecil. Cocok banget, tuh, untuk bersantai dan belajar mengenai sejarah. Saking luasnya area candi muaro jambi, disana juga terdapat puluhan candi-candi kecil yang berada di hutan sehingga tertutup daun-daun dan rumput. Kalau mau keliling-keliling, santai, ada penyewaan sepeda. Kalau lapar dan haus, ada jejualan makanan kok disana. 

Yuk, ke candi.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata keren di Jambi yang berada di masing-masing kabupatennya. Nah, mumpung Jambi memiliki 11 kabupaten/kota, gue bakal bahas satu-satu dan memakai istilah gue sendiri.
Kabupaten/kota 

1. Kabupaten Batanghari (Ibukota: Muara Bulian) "Mother Of River"



Kenapa gue menyebutnya sebagai "Mother Of River"? Karena Batanghari terkenal akan sungai yang bernama sama. Sungai Batanghari adalah sungai terpanjang di pulau sumatera dengan panjang 800 km. Bahkan sering termasuk bagian dari sungai-sungai terkenal di Indonesia bersama bengawan solo, musi, dkk. Selain itu, batanghari adalah sungai kebanggan Jambi.

2. Kabupaten Bungo (Ibukota: Muara Bungo) "Mother Of Cool"


Pic By: Infobungo.com

Cool disini artinya bukan keren, tapi, sejuk. Nah, kota bungo terkenal akan kesejukannya karena dekat dengan daerah sumatera barat (Padang) yang dataran tinggi. Selain sejuk, tata kotanya menurut gue rapi walaupun Bungo dibilang kota kecil karena kabupaten. 

3. Kabupaten Kerinci (Ibukota: Antara Siulak dan Sungai Penuh) "Mother Of Tour"

Pic By: tripwow.tripadvisor.com

Kerinci terkenal akan wisatanya. Sama sepeti bungo, kerinci juga sejuk bahkan dingin. Disini wisatanya banyak. Ada Gunung Tujuh, Gunung Kerinci, Kayu Aro yang terkenal kebun teh nya, air panas Semurup, Danau Kerinci, Air terjun, dll. Yang gila wisata, cocok buat nyobain ke kerinci.

4. Kabupaten Merangin (Ibukota: Bangko) "Mother Of History"


Pic By: travel.detik.com

Sebenarnya, sih, daerah yang mengandung sejarah itu banyak. Tapi, gue pilih bangko sebagai yang unik diataranya. Salah satunya Batu Larung yang menjadi sorotan. Batu ini digunakan pada zaman prasejarah untuk memuja arwah nenek moyang. Mereka percaya kalau arwah nenek moyang mereka akan terus hidup di dunia ini tertutama tempat-tempat dataran tinggi seperti pegunungan.

5. Kabupaten Muaro jambi (Ibukota: Sengeti) "Mother Of Farmers"


Pic By: sengeti-net.blogspot.com

Pertanian sangat berkatian erat dengan Sengeti. Sejarah mengatakan dulu ada seorang pengembara dari kerajaan Mataram bernama Srigati menemui Raja Kerjaan Jambi untuk membuka usaha. Srigati disuruh Raja untuk membuka usaha pertanian dihulu sungai batanghari dengan menggunakan perahu dan jika matahari mulai terbenam, maka disitulah berhenti. Usaha pertanian Srigati berkembang pesat. Hingga banyak orang-orang membuka lahan pertanian dihulu sungai batanghari atas izin dari Raja.

6. Kabupaten Sarolangun (Ibukota: Sarolangun) "Mother Of Mine"



Sarolangun terkenal akan daerah yang banyak menghasilkan hasil bumi. Yang paling terkenal itu adalah tambang emas yang ada di sarolangun. Tanah sarolangun banyak mengandung emas di dalamnya. Jadi, jangan pernah meremehkan sarolangun, kalau kalian masih tergiur dengan emas.

7. Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Ibukota: Kuala Tungkal) "Mother Of Sea Food"


Pic By: Roryphoto.wordpress.com

Bagi yang suka dengan makanan laut, jangan segan-segan untuk mampir di Tungkal. Disana banyak terdapat makanan laut yang enak. Ada siput, Kepiting, dan Ikan. Tapi, yang paling spesial dan dicari di Tungkal itu adalah Udang ketak yang terasa lezat. Duh, jadi laper.

8. Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Ibukota: Muara Sabak) "Mother Of Merchant"


Pic By: antarafoto.com

Sejarah memang banyak melibatkan para pedagang. Dalam sejarah, Sabak adalah akses penting perdagangan pada zaman kerajaan khususnya melalui jalur air. Penyebutan Sabak pun bermacam-macam, ada Sri Buza (Dari Zabaryah) dan Sabadyday (Dari Protugis). 
Tapi sayang, di zaman perkembangan perdagangan saat itu, sungai Batanghari mulai surut yang menyulitkan kapal-kapal berlaubuh ke Muara Sabak dengan diakhiri ditinggalkannya Muara Sabak oleh para pedagang.

9. Kabupaten Tebo (Ibukota: Muaro Tebo) "Mother Of Hero"



Pahlawan Jambi yang bernama "Sultan Thaha Syaifudin" tewas di Muaro Tebo pada tanggal 24 April 1904. Sebelumnya Sultan Thaha berhasil meloloskan diri dari pasukan Belanda pada bulan dan tahun yang sama sewaktu Belanda menyerang Sungai Aro. 

10. Kota Jambi "Mother Of Bandrek Safe"


Pic By: Kaskus.co.id

Yang seperti gue bilang di awal postingan kalau Kota Jambi itu adem ayem. Bahkan kotanya pun nggak terlalu semerawut kayak di kota-kota maju. Bersyukur gue bisa tinggal disini.

11. Sungai Penuh "Mother Of Nature"


Pic By: Indahnesia.com

Sungai Penuh adalah Kota dibagian Kerinci. Atau biar lebih gampang, nyebutnya Kota Kerinci. Disini banyak alam yang masih terjaga. Di pinggir jalan masih bisa liat sawah, bukit, dan hutan. Pantes, cuaca disini tuh dingin kalau mulai memasuki sore dan cocok buat jalan-jalan. 


Ada Yang Hilang...
Pernahkah kalian merasa kehilangan? kalau pernah, pernahkan kalian menerimanya? Melakukannya adalah hal yang tersulit. Sama seperti Jambi, ia merasa kehilangan. Tapi, masyarakat Jambi banyak sebagian yang belum mau terima atas hilangnya pulau kebanggan. Ya, Pulau berhala. Sebuah wisata yang dibanggakan masyarakat Jambi hilang begitu saja dan menjadi hak milik provinsi Riau.

Pic By: Panoramio.com

Sedih banget, padahal pulau berhala bisa menjadi aset provinsi Jambi sebagai wisata yang dikunjungi orang-orang asing.

Kuliner Khas
Berkunjung ke Jambi, nggak bakal asik kalau nggak nyobain kuliner khas nya.. Apa sajakah itu?..

1.  Tempoyak


Pic By: empitsisworo.blogspot.com

Ada istilah "Bukan orang Jambi kalau belum pernah makan Tempoyak".. Nah, Tempoyak ini adalah salah satu makanan khas paling dikenal seantero Jambi (bahkan Sumbagsel). Tempoyak ini berasal dari Durian yang difermentasi. Lauk pauk favorit gue banget, nih, kalau ditemeni nasi. Apalagi dicampur ikan patin. Beuh, nikmat dan kenyang.

2. Tepek Ikan


Pic By: Resep-hwibisono.blogspot.com

Ini juga sama seperti Tempoyak, namun sedikit beda. Biasanya gulai tepek ikan dicampur dengan ikan gabus. Sering dijumpai di acara-acara seperti perkawinan, dan lain-lain.

3. Sup Tulang


Pic By: potretkasih.com

Sama seperti yang kita kenal dengan nama sup iga. Cocok banget nih buat dimakan pada saat dingin dan hujan.

4. Nasi Gemuk


Pic By: http://leezastouch.blogspot.com/

Nasi gemuk sedikit berbeda dengan nasi uduk. Nasi gemuk terbuat dari nasi dan santan. Sama seperti nasi uduk, perbedaannya terlihat dari warna nasi gemuk berwarna kemerehan.

"Gimana? keliatan lezat, bukan? makanya cobain!"
Komunitas/Hobi/Kreatif
Biasanya buat lo yang masih muda butuh melihat aktivitas anak-anak muda di Jambi. Jangan kira anak muda Jambi itu kerjaannya cuma nongkrong dijalan sambil merenungi nasib. Padahal anak muda Jambi banyak yang berkarya dan punya komunitas keren-keren. Apa aja? nih dia...

1. Jabloco  

Jabloco adalah komunitas blogger yang berasal dari Jambi. Gue juga bergabung sama mereka. Isinya para blogger-blogger Jambi yang kreatif.. check aja grupnya dan sila gabung disini.

2. Stand Up Comedy Jambi

Jambi juga punya lho komunitas stand up comedy. Buat yang pengen merefreshkan pikiran melalui lawakan, datang aja open micnya. Info: @StandupIndojbi

3. Forum Musisi Jambi (FMJ)

Buat lo yang anak band dan musisi, gabung dan ngejam bareng musisi-musisi Jambi lainnya disini.

4. Pipetmagz

Buat kamu anak muda Jambi, kenali tentang seluk beluk Jambi. Di Pipetmagz, kita bisa tahu tokoh-tokoh, Info, Acara, dan Komunitas-komunitas di Jambi. Check Websitenya disini.

Masih banyak komunitas dan kreatifitas lainnya yang nggak bisa gue sebutin semua di postingan ini. Yang pasti masih banyak yang keren di Jambi ini. Jadi, Jambi udah punya sesuatu yang dibanggakan didalamnya.

Bagaimana? pengen dateng ke Jambi? Kalau ke Jambi, jangan lupa hubungi gue ya. *Promo*


BYE!

"Postingan ini di ikut sertakan ke dalam Lomba Blog www.pipetmagz.com"

89 comments :

  1. Keren bang. Aku kebetulan tinggal di Muara Bulian. Aku mau ikut komunitas Blogger Jambi gimana bang caranya.

    Sukses buat lombanya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wogh anak bulian! langsung gabung aja di grupnya.

      Amin! makasih gun. :D

      Delete
    2. tulisannya nge-gambarin Jambi nian. mantap :D

      Delete
  2. Salah satu alasan gue kenapa gue pengen jadi host yang temanya jalan-jalan adalah pengen maen ke seluruh penjuru Indonesia. Keindahan sama kulinernya itu loh. JAWARAAA!!!

    Salah satunya Jambi. Kota kecil yang gak kecil dari apa yang ada di dalamnya..
    Kalo menang, kirim salah satu icon Jambi ke gue, yak! Sukses!~:))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukses ndra jadi host nya :D

      Anjir! ngasih tugu :)))

      Delete
  3. Jambi keren, semoga gue bisa kesana yes? dan lo jadi guide tournya
    hahaha :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woles, bisa diatur, bro. Hubungi aja kalau ke Jambi :D

      Delete
  4. Bandrek, asoy tuh cocok juga di bandung sini kalau malem heheh.. tempoyak belum pernah nih, durian suka banget gue, nasi gemuk? (gemuk kalau di jawa artinya OLI) hehehehe.. misal gue kalau ke jambi bisa numpang nggak bang? hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk bay, cobain kuliner khas Jambi!

      Woles, dateng aja ke Jambi :D

      Delete
  5. jadi inget kawan deket aku bang pas tingkat 1, namanya sintia anak jambi, eh skg dpt penempatan di kampus IPDN regional bukit tinggi. tiap kali ngomong sama dia jd ketularan bhs melayunya, tp yg plg aku inget ya "kecewo ayuk dek.."
    tempoyak udah pernah ane cobain bang, tp msh blm bisa menyatu ame lidah ane. rasanya bergetar banget ..

    ReplyDelete
  6. waaah jambi keren juga ternyata. pasti sejuk banget ya disana? yaa, beda jauh sama kabupaten bekasi yang udah mulai sumpek ini -_-

    ReplyDelete
  7. gue tau jambi ada apa-apanya, tapi gue nggak punya apa-apa buat ke jambi sana~ :p

    ReplyDelete
  8. Candi-nya keren2 ya.. Sangat disayangkan aku belum pernah kesana. Padahal tinggal di Sungai Penuh. -__-"

    Btw, Padang bukan dataran tinggi. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Padang malah bisa dibilang daerah pantai :v

      Delete
  9. Gue jadi inget bit-nya temen gue +Raditya Rizky

    "Di Jambi itu terkenal istilah begini 'kalau kau idak ganggu aku, aku idak ganggu kau'
    Wajar kalo Jambi terkenal adem ayem. Ganggu (nyapa) aja jarang .-."

    ReplyDelete
  10. Ica kalee ajak gue jalan-jalan kesana. :3

    ReplyDelete
  11. Jambi next trip :) keren !!!! gue jadi pengen kesono bang <3<3

    ReplyDelete
  12. baru tau lho jambi punya banyak tempat yang mesti banget dikunjungin kalo kesana. percuma dah punya kakek disana haha itu kulinernya juga bikin ngiler baca malem2 gini. Thankyou informasinya memed, asli bikin pengen kesana lagilah haha siap buat jadi guide nya ? :D

    ReplyDelete
  13. paling sukak dengan nasi gemuk, ditambah ayam dedak :3

    ReplyDelete
  14. "Mother of God" masuk list 'wajib kunjung' :D All Hail Indonesia, All Hail Jambi. Kalau ada duit inya allah liburan ke sana :D Kenapa nggak dibikin video Traveler per Kabupaten aja bang, Kayak "Jalan-Jalan Men" gituu... :D

    ReplyDelete
  15. Informatif banget bang... Untuk promosiin potensi daerah perlu banyak2 artikel yang seperti ini murah dan tepat sasaran, pemerintah kita seharusnya bisa mensupport blogger2 jambi biar lebih kreatif lagi dan katakan pada dunia jambi bisa!!

    2thumb up for you bang ahmad :)

    ReplyDelete
  16. info keren nih, saya pernah ke jambi tapi waktu masih kecil hehe. Ditunggu komen balik nya di http://tipstrikharian.blogspot.com/2013/11/review-asus-fonepad.html

    ReplyDelete
  17. Itu yang sarolangun KEREEEEEEEEEEN!!! bang kalo gue ke jambi, traktir ke tempat itu ya.. hahaha #tetep

    ReplyDelete
  18. weh ternyata banyak juga ya tempat-tempat wisata di jambi :]

    ReplyDelete
  19. keren asli bang! Jadi pengen backpacker ke jambi niiiih aaaaaaah ><

    ReplyDelete
  20. sip lah.. gak bakalan keki kalo ke jambi nanti ;;) *otwjambihariinijuga

    ReplyDelete
  21. Wah bisa jadi ajang promosi ke teman-teman gue nih bang, biar pada ngileerr pengen main ke jambi hehe.

    ReplyDelete
  22. "Mother Of Tour" keren banget, jadi pengen ke air terjun sama kebun tehnya :D ga kebayang enaknya gimana. ngomong2 gambar sop tulangnya sukses bikin gw laper :3

    ReplyDelete
  23. keren (y) ane juga pernah kejambi bang, toh kita deketan, ane palembang, bahasanya pun sama :d waktu itu ane pegi pas lusanya tahun baru, jadi nginep di bayung lincir semalem :p dan pas itu juga hotel penuh smua :v

    kepanjangan ya kak :v

    ReplyDelete
  24. Jambi itu provinsi paling kaya karna punya 4 taman nasional :D *nambahin info*
    di Jambi ada lagi bang lebih keren... ada aku nya soalnya hahaha

    ReplyDelete
  25. woh buat hunting foto enak kayaknya :O makanannya juga bikin ngiler XD kalo aku kesana traktir!

    ReplyDelete
  26. Waw, gw pernah mampi 1 hari di jambi, waktu itu di jembatan kembar gitu, gatau di kabupaten mana, pokoknya keren deh tuh jembatan...

    ReplyDelete
  27. Mad, mau jadi tour guide aku kalo suatu saat aku mampir ke Sarolangun? :)) aku mau minta traktir nasi gemuk. penasaran sama rasanya. sebenernya lebih penasaran sama tempoyak, tapi sayangnya nggak doyan durian. huhu
    candi-candinya juga gak kalah keren sama Borobudur :)
    nice post!

    ReplyDelete
  28. Asiik nii, paling pengen jalan2nya, apalagi aku penikmat alam dan sejarah.
    Boleh dong kao aku bisa ke sana ditemenin? Gratis yaa guidenya, gag pake ongkos. Hhehe. , XD

    ReplyDelete
  29. Wuih, kota jambi emang keren ya. Gue jadi ngebet pengen kesana.
    Kotanya pun ga terlihat terlalu padat kayak bandung, apalagi jakarta. Sejuk pasti. Candinya keren-keren, Wisata kulinernya pun dilihatnya lezat. Entar deh kalo ada ongkos sama waktunya, giliran gue yang ke jambi deh. haha :D

    Sukses juga buat lombanya ya! xD

    ReplyDelete
  30. kayaknya gue bakalan suka sama Tempoyaaaaaaaaak
    Kuliner jambi kayaknya banyak banget yaaa bang. jadi pengen beneran maen kesana :D

    ReplyDelete
  31. 1-2 tahun lagi lah gue bakal pindah dari lubuklinggau ke sarolangun jambi, sampai ketemu nanti :P haha

    ReplyDelete
  32. wahh madz biayain gue ke jambi madz!

    ReplyDelete
  33. Kalo diliat dari foto-fotonya kayaknya jambi masih bersih ya. Sebagai masyarakatnya, lo harus bisa jaga kebersihan dan gak merusak fasilitas ataupun situs-situs bersejarah biar anak cucu masih bisa menikmati. Itu aset besar jambi !
    Tempoyak itu enak lho, disini juga ada :)))

    ReplyDelete
  34. wah... referensi banget nih buat gue yangbelom tau tempat kece, kapan kapan maen ah kesono.. mau numpang makan dirumah lu bang. sekalian minta direpotin buat anter anter ketempat kece kalo ane ada waktu.. bosen tiap liburan kejakarta mulu. diboongin naekbusway aja gue udah seneng -..-" *mentalhorangkampung pffttt...

    ReplyDelete
  35. Woah! Jambi.... Kulinernya menggiur.

    Kalo ada rejeki harus ke Jambi~ bang Madz jadi guide bolehlah XD

    ReplyDelete
  36. menarik! jadi pengen ke jambi deh apalagi bagian yang candi-candi itunya loh..
    dan kalau dilihat dari fotonya, di sana itu jalanannya selalu bersih ya?

    ReplyDelete
  37. Duh.. jadi pengen ke Jambi. Kabupaten yang gue suka, Kerinci. Kenapa? ya karna menurut gue menarik banget. Iya, cocok tuh buat yang suka jalan-jalan. Secara, kan, ada gunung, air terjun, dll. Kalo makanan, gue lebih suka Sup Tulang. Entah kenapa gue bisa suka, padahal cuma tulang sama kuah doang. Btw, moga menang, Bang!

    ReplyDelete
  38. aku jadi pengen liburan ke jambi , ternyata di jambi banyak kuliner dan wisata nya , keren deh pokonya

    ReplyDelete
  39. Pindah ah ke Jambi hahaha. Pengin coba ke Kerinci nih kalo bisa :D

    ReplyDelete
  40. pernah makan tempoyak (dulu pas di pesantren) dan ga terlalu suka sih, hhaha aneh buat lidah jawa kayaknya.
    tapi yang lainnya mau nyobain :(((
    mau jalan-jalan jugaaa pokoknya kalo aku ke Jambi di servis ya kakakkk :D

    ReplyDelete
  41. Jambi deket banget dengan tempat tinggal gue.
    Semoga suatu saat nanti bisa kesana, ke semua lokasi yg udah lo tulis ini, Aamin.

    Btw, banyak pake istilah "mother of" ya hhe :D

    Gutlak sama kontesnya!

    ReplyDelete
  42. wah, penasaran banget sama pulau berhala
    ini bakalan jadi next trip yg menyenangkan :)

    ReplyDelete
  43. ternyata jambi gak jelek2 amat ya bang....#pis
    postingan lo ini berhasil menghipnotis seluruh nusantara untuk memuja jambi.. selamat "_"

    ReplyDelete
  44. Wow...gue baru tau ternyata Jambi itu keren juga. Tinggal lo nya aja yg harus dikerenin mad :p

    Pokoknya kalo suatu hari nanti gue 'nyasar' ke Jambi, lo yg duluan gue hubungi :D

    ReplyDelete
  45. Baru tau gue jambi indah begitu. Ngomong" elu kan warga jambi lo udh pernah pergi ke tempat" itu? Dan lo udh pernah nyobain smua masakan tersebut belum??

    ReplyDelete
  46. TAKE ME TO JAMBI MADZ!!!!
    BAYARIN GUE KESANA SEKALIGUS JADI GUIDE GUE YAH!!!

    ((lah kok malah maksa))

    ReplyDelete
  47. enggg nasi gemuk enak kayaknya.tolong delivery kerumah saya ya :9

    ReplyDelete
  48. jambi itu sejenis buah - buahan ya ~

    ReplyDelete
  49. wah keren ya kak jambi itu, jadi pengen nyobain kesana suatu hari :)

    ReplyDelete
  50. Wah-wah ternyata banyak banget tempat-tempat keren di Jambi ya, gw pengin nyobain tempoyak, gw pernah denger tapi belum pernah makan, gimana ya rasanya durian difermentasi :D

    ReplyDelete
  51. jadi kangen jambi bang. oh iya, kerinci bukan cuma wisatanya aja yang asik tapi adatnya juga bang,banyak banget dan unik juga. :))
    btw, postingan ini bikin aku tau beberapa tempat yang sebelumnya aku gak tau, padahal aku orang jambi :/

    ReplyDelete
  52. wah kren nih bang, artikelnya Jambi is my life :D

    ReplyDelete
  53. enak ya mad, banya tempat wisata, kota gue candi gak ada, gunung gak ada, mulai macet. maklum kota berkembang dan pendatang :")
    dan ntah kenapa gue ngakak baca nasi gemuk, namanya lucu xD

    ReplyDelete
  54. Aduh, jadi pingin ke Jambi deh! >.< Penasaran sama Kerinci nya itu bang u,u Btw, kalo makan nasi gemuk, bisa jadi gemuk nggak, yaa? O.o

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa, Nasi Gemuk itu namanya aja, klo dimakan tetap langsing..hehe

      Delete
  55. Gue kalo pulang kampung ke Riau pasti lewat Jambi dulu tapi ga pernah tau kalo Jambi ternyata se-keren ini.
    Kalo ada waktu buat singgah di Jambi, mungkin gue akan singgah lebih lama.
    Tapi sayang udah bertahun-tahun lama nya, gue ga pernah pulkam :(
    Yaa mungkin ini bisa jadi salah satu referensi gue juga nih buat jalan-jalan keliling Indonesia, someday.

    Good luck yaa, buat lombanya :))

    ReplyDelete
  56. percandian terluas se-nusantara bahkan se-asia tenggara??? Ih wooowww aku baru tau :D
    ya ya ya!!!!! pernah belajar sejarah tentang Kerajaan Sriwijaya dan Candi Muaro Jambi, bisa kali ajak aku kesana :3

    Kalo kabupaten/kota di jambi di kasih julukan Mother of river, Mother of hero dll, Berarti Jambi adalah Mother of mother doonggg??? :D

    ReplyDelete
  57. jambi itu yg mantra dukun bukan? *digebukinmasyarakatjambi*

    gue pengib banget ke kerinci bang, kota gue Banjarmasin sudah jadi kembaran Jakarta.

    bisa deliver gak makanannya yg bikin ngiler itu?

    ReplyDelete
  58. jambi itu yg mantra dukun bukan? *digebukinmasyarakatjambi*

    gue pengib banget ke kerinci bang, kota gue Banjarmasin sudah jadi kembaran Jakarta.

    bisa deliver gak makanannya yg bikin ngiler itu?

    ReplyDelete
  59. Ini Jambi banyak amat ''Mother of"-nya -_-, jadi pengen kunjungi satu satu.

    ReplyDelete
  60. mntap gann....
    gue salut ma lo,, akhirnya ada juga yg membuka wawasan gmn sbnrnya tuh JAMBI..
    ane dukung trus gan.ljnutkan..
    btw ane anak jambi juga gan,, ane anak muara bulian..

    ReplyDelete
  61. kerennnn...
    salut deh.. akhirnya ada juga yang mau kasih wawasan gmn sbenernya tuh jambi..
    jambi dengan smua keindahan dan kuliner nya,,..
    bagi yg blum nyobain tempoyak, buruan deh coba.. enak bget tuh...
    hmm btw ane anak jambi juga gan.. ane anak muara bulian..
    salam kenal...

    ReplyDelete
  62. Kenapa ya org Jambi sering kali ngomongin pake elo gue. Baik di sini maupun di radio. Saya heran aja kalo memang cinta Jambi kita harus pake bahasa jambi pake aku, atau sayo atau saya. Kalau gue dan loe itukan bahasa jakarta bukan bahasa indonesia. Itu aja sih yg saya kritik tentang blog ini dan juga radio2 yg ada dseluruh provinsi Jambi yg sering pake kata2 elo gue.

    ReplyDelete
  63. salam dari warga pekanbaru..sepertinya terasa menyenangkan ya tinggal dijambi..kotanya gk bgitu crowded seperti apa yg terjadi di pekanbaru sekarang ini..yg semakin ramai dan padat sehingga begitu menyesakkan apalagi disaat pulang kantor..kira2 biaya hidup dsana mahal gk ya ? kalo citarasa saya pikir kita org sumatera cocok2 aja ya dengan masakannya..nah cocok dikantong gk ya makan di kota jambi ? karena dipekanbaru walau dibilang salah satu kota dengan biaya hidup termahal tapi skali makan Rp.7000 masih dapat disini dan bagi yg mau tinggal agak lama biaya ngekos masih ada yg 400-500 ribuan perbulan dengan fasilitas kamar yg lumayan besar dan kamar mandi dalam..
    oh iya satu lagi bang..kalo bisa bahasa blognya jgn pake loe gue gt lah..kita sepatutnya bangga bahasa melayu jadi dasar bahasa indonesia..jadi untuk apa malu dengan bahasa kita..:D

    ReplyDelete
  64. iko baru wajah duson kito, awak tesinggong jugo kadang nganing cakap budak-budak luar "Jambi tu dimana??" alamak..jang, kota nang saelok iko sampe dak tau..dio dak tau kalu dikota ko serbo ado..
    (Salam Jufri - Lopak Aur Pemayung - Batanghari)

    ReplyDelete
  65. wahhh kren gan. ane kuliah didepok setipa kali teman ane nanya diamana jambi pasti bilangnya kalimatan padahal sumatra hadeh !!! tapi gara2 baca postingan agan jadi pengen balik ke muara Bungo . Yang jelasnya Kehidupan di kota ane mati kalo udah lewat jam 11 malam kecuali malam minggu hahaha. kalo udah lewat jam 11 malam bisa maen bola di jalanan ahhaha
    TY bro atas tulisan bagusnya

    ReplyDelete
  66. Yang gw inget dari Jambi cuma, ngangenin! Be back in a few day!

    ReplyDelete
  67. Saya ada perkerjaan di jambi ahir bulan mei ini
    Saya akan survei lokasi yg rencananya akan saya bangun untuk waterpark.di daerah muara bulian.
    Kira kira banyak peminatnya g ya?

    ReplyDelete
  68. ayooo nih yg mau bareng ke jambi ama gue aja,ntar gue ajakin deh jalanjalan ke semua d provinsi jambi,khusus daerah jabodetabek aja yeee wkwkw
    nih hubungin aja gue 089624533282
    maaf nian lah yo bg numpang promosi dikit nambahi dulur haha

    ReplyDelete
  69. hello there!!, orang kerinci disini :)

    salam kenal aja

    ReplyDelete
  70. Jambi merupakan melayu tertua didunia, pusat peradaban melayu berada d jambi, sungai terpanjang di sumatra ada di jambi, gunung tertinggi disumatra ada d jambi,, rindu akan jambi

    ReplyDelete
  71. Haaiii.. kalo gw termasuk nubi bgt nih di Jambi, skrg di kota Jambi nya. Msih nyoba adaptasi, mdh"an betah.. thanx artikel nya gan.. suksessss..

    ReplyDelete
  72. semoga tambah keren anak2 mudo Jambi :)

    ReplyDelete
  73. Yosh hore!!! Tq bang Info nya bermanfaat banget baru seminggu di Jambi nih salam kenal bang yo

    ReplyDelete
  74. Aku anak jambi...semua makanan yg dijelaskan semua sdh kucoba....alamaaaaak sedaaap nya.jambi kota kelahiranku

    ReplyDelete
  75. Aku anak jambi...semua makanan yg dijelaskan semua sdh kucoba....alamaaaaak sedaaap nya.jambi kota kelahiranku

    ReplyDelete
  76. Hai. Ahmad. Terima kasih utk cerita ini. Menarik sekali! Kami dari organisasi namanya BumiHijau Media (http://facebook.com/bumihijautv) dan bekerja bersama stasiun tv lokal seluruh Indonesia termasuk Jek TV Jambi. Jek TV siaran program kami, namanya BumiHijau, jam 4.30pm hari senin sampai dgn hari minggu.

    Terima kasih lagi utk wawasan tentang Ibu Kotanya. Saya ingin tanya, karena Ahmad menjadi blogger yang prolifik dan pasti, dari cerita ditasa, berpikir mendalam tentang kota tempat Anda dilahirkan, saya mau tanya, dari perspektif Ahmad, tentang bagaimana kekuatan dan kepentingan televisi lokal di Jambi? Apakah Jek TV penting buat masyarakat Jambi? Apakah masyarakat Jambi datang ke Jek TV utk berita lokal atau entertainment lokal? Dan saya juga ingin tanya apakah kalau Ahmad pikir Jek TV aktif dalam komunitas Jambi juga? Dari dulu saya selalu pikir bahwa televisi lokal sangat penting buat masyarakat karena televisi nasional tidak bisa melihat isu isu lokal apalagi, cerita dan entertainment khusus masyarakat lokal. Kami sudah lama sekali kerja bersama Jek TV dan saya secara pribadi telah senang melihat pengembangan tv lokal di seluruh Indonesia, termasuk tentu saja teman-teman kita di Jek TV. Terima kasih sebelumnya Ahmad!

    ReplyDelete
  77. Dapatkan semua informasi terbaru tentang kejahatan, olahraga, indonesia hanya di malasi.co.id



    Berita kriminal jambi
    Jambi
    Jambi update

    ReplyDelete

Setelah membaca, alangkah baiknya meninggalkan komentar. Karena komentar adalah sebuah apresiasi untuk penulis blog. Diharapkan komentar tidak mengandung spam dan kata-kata yang tidak pantas.

Terima Kasih.