Saturday, December 28, 2013

Bukan Resolusi, Tapi Evolusi


Mau menyambut tahun baru gini banyak aja yang punya resolusi. Gue juga pernah punya resolusi alias harapan untuk tahun baru disini. Gue sadar, pada postingan resolusi gue yang terkabul cuma nomer 8. Yang lainnya, sukses menjadi wacana. 

Tahun baru selalu aja ada moment-moment penting yang ingin kita abadikan. Jadi, bukan hanya hubungan aja yang bisa diabadikan, tahun baru juga. Moment yang dimaksud adalah kesibukan yang akan dihadapi ketika tahun baruan seperti pacaran, hang out bareng temen, dan tiup-tiup terompet sambil showeran sendirian. 

Ngenes memang...

Moment yang paling banyak diabadikan orang-orang pada tahun baru adalah...resolusi tadi. Resolusi setiap orang bermacam-macam. Ada yang pengen punya mobil ferrari, punya bisnis sendiri, pengen diet, dan pengen punya pacar di tahun baru. Yang namanya resolusi gampang untuk diucapkan, tapi terkadang susah dijalani (kalau nggak ada usaha). Dan akhirnya, resolusi cuma hanya wacana aja.

Karena menurut gue resolusi adalah sebuah wacana. Jadi, kali ini gue pengen berevolusi. Berevolusi dalam artian pengen bener-bener berubah. Karena evousi itu sifatnya adalah yang sebenarnya. Contoh seekor ulat yang awalnya jadi kupu-kupu. Seekor ulat itu nggak bisa jadi ulat selamanya karena hukum evolusi (metamorphosis). Jadi, yang namanya evolusi nggak bisa dilawan dan nggak bisa ditunda. 

"Emang, lo mau melakuin evolusi yang seperti apa, mad?"

Sebelum gue mau ceritain evolusi apa yang bakal gue lakuin di tahun depan, ada baiknya gue mau share tentang hal yang gue lakuin di tahun ini alias kilas balik.
Kilas Balik  
Di awal januari 2013, gue berhasil menang lomba blog yang hadiahnya agak gede-an dari hadiah lomba blog sebelumnya. Iya, gue dapet gadget. Pengalaman berharga ini gue dapetin karena gue selalu ingat dan meneruskan yang namanya ngeblog. Dari sini gue makin semangat untuk ngeblog di bulan-bulan berikutnya.

Selain itu juga, gue telah membuka gelar gue sebagai penulis dengan dibukukannya karya tulisan gue dengan judul "Kancut Keblenger - Digital Love" (terbitan Bukune) bersama dengan blogger-blogger lain. iya, gue semakin semangat untuk ngeblog dan ngeblog. Kalau nggak salah moment ini terjadi pada bulan Mei.


Setelah Buku KK terbit, gue ikutan kopdar untuk pertama kalinya bersama komunitas blogger terkece se-Indonesia bernama Kancut Keblenger. Bagi yang belum tahu rasanya wajar kalau namanya agak....ah, sudahlah. Ini juga pertama kalinya gue ke Jakarta yang mana telah gue idam-idamkan dari kecil. Selengkapnya, baca aja disini.  


Setelah moment seru tersebut, maka hadirlah yang namanya bulan ramadhan. Disini gue punya impian kalau gue pengen sesekali punya program acara sendiri. Acara tersebut disiarkan di channel youtube gue. Program tersebut bernama KUMAD (Kultum Bersama Mamad). Rencananya ini akan tayang seminggu sekali selama bulan Ramadhan. Tapi sayang, ada sesuatu hal yang bikin acara ini nggak sampai pada akhir Ramadhan. Bagaimana acaranya, check disini.


Dari acara KUMAD, gue rasanya pengen banget update video-video karya gue di youtube seperti VLOG, dll. Sila kunjungi dan subscribe aja deh channelnya *Malah Promosi*

Nggak terasa waktu berlalu dan sampai di bulan Oktober 2013. Disana gue tertarik buat ikutan acara SMF (Social Media Fest) dibarengi dengan workshop menulis bersama yahoo! Indonesia, Komunitas Tumblr, dan Kancut Keblenger. Widih, ke Jakarta untuk kedua kali kerasa seru.


Sampai acara SMF selesai, gue nggak kapok untuk memberanikan diri keliling ke Bogor dan Jogjakarta. Perjalanan itu sungguh mengasyikan. Untuk ceritanya, disini (disitu ada video live report nya juga).

Rasa rindu akan perjalanan itu semakin lama nggak terasa lagi di bulan November 2013. Rasanya gue gatel pengen ikutan lomba blog lagi. Dan alhamdulillah, gue menang dalam lomba blog Pipetmagz juara 1. Ini juga pertama kalinya gue dapet juara 1 dalam lomba blog.


Rasanya nggak bisa gue gambarin lagi. Gue udah tau bagaimana buah hasil sesuatu kegiatan kalau kita konsisten menjalaninya. Oke, karena moment itu cukup sampai di bulan November doang, gue bakal ceritain tentang Evolusi yang bakal gue lakuin.
Evolusi
Seperti yang gue ceritain diatas tadi, kalau evolusi itu sesuatu yang nggak bisa dihindari ataupun ditunda. Gue menerapkan evolusi kali ini tujuannya agar gue nggak menunda-nunda rencana yang bakal gue lakuin di tahun 2014 nanti.

Evolusi yang gue lakukan adalah betapa sadarnya gue akan personal branding. Personal branding itu penting agar kita dapat dikenal karena apa yang gampang diingat masyarakat. Di blog ini sempat gue bikin personal branding, tapi belum ampuh. Akhirnya, gue cuma ngeblog sebagai orang yang nggak punya ciri khas. Ngomong-ngomong soal Personal Branding itu apa, lo musti baca disini.

Untuk tahun 2014, gue ingin memperkuat personal branding. Mungkin yang baru gue rencanain mengenai personal branding gue adalah soal kostum (kostum yang sering gue pakek), tulisan di blog, Icon, logo, dan program-program baru yang bakal gue tayangin. Kalau gue jabarin satu-satu, rasanya nggak asik kalau kalian sendiri yang bisa menjabarinya ke gue.

Kali ini yang gue jabarin adalah personal branding soal kostum. Kalau soal pakaian, gue nyaman pakek rompi. Ntah kenapa dari sekian banyak foto-foto gue adalah gue pakek rompi. Contohnya ini...



Karena itu pula, gue bikin icon yang berbeda dengan icon lama. Icon sekarang lebih kece dari sang Artworker ala manga/anime yang bernama M.Nasihin (Xinnosuke) dengan memakai rompi dan baju daleman merah. Gue merasa cocok dengan shin, bukan cocok untuk dijadikan jodoh. dan gue NORMAL!.

Icon lama (kiri) & Icon baru (kanan)

Icon pertama yang gue rancang sendiri terlihat tidak masuk akal dan nggak mencerminkan gue banget. Mulai dari mata yang nggak ada dan rambutnya warna kuning. Gue sadar kalau gue bukan bule-bule blonde. Makanya, iconnya diganti.

Logo juga gue ganti. Tapi nama Catatan Madz tetap melekat dihati. Sebenarnya gue pengen banget ganti nih nama blog. Tapi, setelah gue pertimbangkan sambil bertapa di dalam goa. Akhirnya, gue batalin. Soalnya, nama Catatan Madz ini udah dari dulu. Kalau tiba-tiba rubah nama, ntar pembaca blog lama gue (emang ada?) bakal kaget karena namanya berubah. Biarlah..ini ciri khas.

Nama Madz itu adalah nama ke-tidak-sengaja-an gue ketika masih alay lho..FYI aja, sih~

Tulisan di blog masih gue cari celahnya untuk diubah. Tapi tetep unsur blog ini tentang remaja dan mahasiswa. Makanya tittle blog ini "Tidak cocok untuk (orang tua) kalian" hmm..

Oke sip, berikutnya bahas proyek yang bakal gue jalani di tahun depan.

Proyek itu berupa program video yang bakal gue bikin kayak KUMAD (tapi bukan KUMAD) di channel youtube. Insyallah dan gue usahain ini konsisten.

"Emang konsep programnya gimana?"

"La-ha-ciaaa~"

Gue juga mencoba garap sebuah bisnis bernama MADSTORE. Bisnis yang jual berbagai merch apapun sesuai kemauan lo, bahkan lo bisa bikin merch sendiri disana. Yang pastinya, FAST RESPONS!

Sampai disini, tangan gue pegel ngetik-ngetik keyboard. Gue takut bakal ada rasa keseleo dan saudara-sauadaranya merengut pergelangan tangan gue. Oh iya, kemaren gue juga sempat bikin video opening buat blog gue. Alangkah baiknya, tonton aja video ini.


Selamat Tahun Baru! 
Rasanya pacaran di tahun baru itu, nikmat.. - Adi (Jomblo sejak Janin)

32 comments :

  1. mad, bikinin gue video opening begituan juga dong :v

    ReplyDelete
  2. Gilak, keren! ditunggu bang proyek baru lo.. :))

    ReplyDelete
  3. Azek, Mamad makin produktif taun depan.. \o/

    ReplyDelete
  4. Kalo kata dosen gue, target itu bagusnya ditulis. Terus tempelin atau simpen di tempat yang sering kita lihat. Walaupun sedikit absurd, tapi ini beneran kerasa. Hehehe

    Mari kita produktif! Mari kita berkarya! Semoga gue juga bisa terus konsisten berkarya huehehe :)))

    ReplyDelete
  5. Btw, itu cara bikin pidio opening gitu gimana? Ajarin dooong~ Bikin postingan tutorialnya doooong~ Berbagi doooong~ Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, ya nanti gue share tutorialnya. :D

      Delete
    2. Gue tungguin. Kasih tau kalo udah ada :))

      Delete
  6. wah kece banget sering menang lomba blog gitu.
    semoga resolusi nya tercapai, Mad

    ReplyDelete
  7. ditunggu project terbarunya bang :D

    ReplyDelete
  8. Setuju dah, personal branding emang penting buat yang mau melebarkan sayap. :v

    ReplyDelete
  9. Gue suka sama keterbukaan lu. Walau yah harusnya lu jangan buka rahasia dapur (soal personal branding). Tapi tetep aja salut. Jarang banget ada yang mau bocorin soal rahasia dapur, soalnya bisa fatal sih. Hehehe.

    ReplyDelete
  10. mad tukeran video sama gamnbar deh... meskipun gambar gue nggak terlalu keren :D

    ReplyDelete
  11. bang kirimin saya kaos dong, gratis aja gapapa gausah bayar biar ga repot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangke :))) minta gratis pakek nggak apa2 pula :\

      Delete
  12. enak banget sih lo bang :D, tapi asli gw ngakak sama kata "Adi (Jomblo sejak Janin)" wkwkwkwk visit balik ya om

    ReplyDelete
  13. evolusinya semakin berkelas ya bang,
    sebenarnya icon 'orang gak bermata dan berambut blonde' khas banget lo bang. sempet kaget pas buka blog ini ga nemuin orang aneh jingkrak ga jelas itu. kirain salah buka, wkwkwk

    ReplyDelete
  14. Bang mamat... sumpah lo keren banget atas pencapaian lo :D
    *TERSIHIR

    ReplyDelete
  15. Mantep ^^

    semoga makin semangat ngeblognya ^^

    ReplyDelete
  16. pengen punya gambar diri yang di anime-in.. ;) Kirain Madz yang bikin sendiri. Ternyata Xinnosuke.. ;D Fighting for your personal branding..

    ReplyDelete
  17. boleh dong jadi guru gua, pasti gratis kan ya?

    ReplyDelete
  18. keren.. gue juga ada niat evolusi tahun ini.. semoga tetap kosisten mad. ditunggu karya-karya hebat lainnya.. :)

    ReplyDelete
  19. wuidih keren mas. kilas balik sama evolusinya keren semua. semoga sukses :D

    ReplyDelete
  20. Sukses bisnisnya bang. Ane mah gagal bisnis fashion tuh, paling ga bisa fast respond. Lagi nyari karyawan buat dijadiin customer service.

    ReplyDelete

Setelah membaca, alangkah baiknya meninggalkan komentar. Karena komentar adalah sebuah apresiasi untuk penulis blog. Diharapkan komentar tidak mengandung spam dan kata-kata yang tidak pantas.

Terima Kasih.