Wednesday, October 23, 2013

Dari SMF (Social Media Fest) Hingga Traveling


Udah seminggu lebih gue nggak nyentuh komputer. Berarti, udah seminggu lebih juga gue nggak lihat page blog gue ini. Duh, betapa kangennya gue nulis lagi. Untunglah, akhirnya gue bisa nulis dan update blog lagi.

"Kenapa begitu? Emang kemaren kemana aja?"

"Pertanyaan bagus dan yang gue harapkan!"

Seperti yang gue tulis di postingan yang lalu, gue pergi ke acara SMF (Social Media Fest) di FX Senayan Jakarta. Ini udah kedua kalinya gue ke Ibukota. Bukan ingin mencoba gaul kayak anak-anak Jakarta, tapi ingin benar-benar belajar sesuatu hal disana. 

"Belajar apaan, bang? Belajar Ilmu Hitam?"

"Iya, gue mau ceritain, nih.."

"Paling lo cuma ingin jalan-jalan"

"Terserah tutup botol aja lah!"

Iya emang gue itu jalan-jalan, tapi bukan jalan-jalan sembarangan. Sebelum gue ceritain soal jalan-jalan, mending gue ceritain dulu deh yang pentingnya. 

Jadi, kemaren gue ke Jakarta buat ngikutin Workshop dan SMF. Ini pertama kalinya gue ikutan yang namanya "Workshop". Padahal di kampus gue, acara workshop seringkali berdatangan. Tapi yang namanya Ahmad Firdaus yang terkenal sebagai mahasiswa pemalas, gue nggak pernah ngikutin. Setelah ngikutin acara Workshop di Jakarta kemaren, gue jadi berpikir kalau gue sering banget menyia-nyiakan ilmu di kampus. 

Oh iya, sebelum ke Jakarta, gue sempat ke Bandung dulu. Kenapa gue tiba-tiba ke bandung? Karena jadwal keberangkatan gue dari Jambi ke Jakarta terlalu cepat dan tidak sesuai Jadwal. Ya karena mikir tidur dimana, mending gue semaleman di bandung tidur di kostan Tour Guide gue yang bernama @Uncle_Yono

Karena keasikan di bandung, gue lupa sama Shakti dan Rizky yang jauh-jauh dari jogja udah janji nungguin gue di Jakarta. Akhirnya mereka sempat ngegembel di Lebak Bulus. Karena nggak enak, gue memutuskan untuk mentraktir mereka berdua karena udah capek-capek semaleman nungguin gue di lebak bulus. Gue traktir mereka........warteg.

Nggak apa-apa murah, yang penting makan aja sih...

Setelah ketemu Shakti sama Rizky di lebak bulus, kita langsung berangkat buat ketemuan sama Admin @KancutKeblenger si Irvinalioni di Roxy. Setelah bertemu dan bercanda di KFC, kita lanjut ke rumahnya Vina buat nginep. Lo bayangin, 3 cowok nginep di rumah cewek jadinya gimana tuh? Bagi gue sih, nyenengin banget. Jangan nethink dulu, maksudnya nyenengin aja karena rumah cewek itu bersih dan wangi. 

Sampai- sampai gue ama rizky terkena syndrome womanisme (Istilah dari gue sendiri). 

Setelah semaleman di rumah Vina, besoknya kita langsung berangkat Workshop di kantor Yahoo! Indonesia. Disana ada anak-anak dari Tumblr Indo juga. Ini pertama kalinya gue liat kantor Yahoo! yang keren banget konsepnya. Jauh banget bedanya sama kantor-kantor kelurahan di tempat gue. 


Bareng anak-anak Tumblr Indo
Saking kerennya tuh kantor, gue baru pertama kalinya nyobain closet WC yang ada sistem cebok otomatis. Enak banget lho. Jadi, lo nggak perlu pakek tangan kiri lo buat cebok. Cukup sistem yang bekerja. Jadinya, nggak jorok. Keren lah pokoknya! 

Di workshop, gue (serta para anak-anak yang hadir) dapat pelajaran dari beberapa Jurnalis kece soal dunia tulis-menulis dan photography dari para master foto Darwis Triadi. Sampai ada praktek foto-foto nya segala. Karena gue nggak bawa kamera yang keren, gue memutuskan buat foto-foto diri gue sendiri buat kenangan. Maafkan saya, pak.


Hingga akhirnya, acara itupun selesai..

Setelah Workshop selesai, kita langsung lanjut ke FX senayan buat ketemu sama anak-anak @KancutKeblenger lainnya yang udah nungguin. Sekalian buat ikut acara Social Media Fest.


Pas udah sampai di FX, gue kaget. Gue kaget karena ada mall yang gedenya hampir sama dengan kantor gubernur. Gede banget. Gue sempat byangin kalau mall segede itu ada di Jambi. Bisa-bisa, tanah buat pemukiman di Jambi akan berkurang. Bahkan ada insiden pergusuran. Serem, jangan sampai deh.

Anak-anak Kancut lainnya udah nunggu di Solaria. Seperti biasa gue bete kalau ketemuan di tempat makan yang serba mahal kayak gitu. Yang lain ngobrol-ngobrol sambil makan, gue malah diem sambil ngeliat mereka makan. Bahkan ada insiden absurd disana. Iya, seorang cowok nembak cewek yang tidak dikenalnya. Tiba-tiba di terima karena bisik-bisik. Itu @Febrinuzi

Setelah acara absurd itu, gue sempat nyasar di dalam mall. Konyol, bukan? orang lain mengalami nyasar di kota, gue malah di mall. Dan alhamdulillah gue ketemu lagi sama anak-anak KK di tempat makan. Disana kita main games Eat Bulaga dan Tebak Lagu. Tempat makannya seolah-olah punya kita sendiri. Karena kita punya hak untuk teriak-teriak.

Like A Boss..
Malam pun telah tiba, anak-anak kancut yang menunggu (Nggak semuanya) di solaria tadi memutuskan pulang dari FX untuk nginep di rumah Vina. Pulangnya naik oplet. Tapi opletnya keren, kenapa? Karena supirnya mau aja tumpangin orang-orang dalam jumlah over limit angkot. KEREN, BANG!.

Sampainya di rumah Vina, kita semua tepar. Tapi, dipaksain buat ngobrol-ngobrol dan tanya-tanya absurd. Sialnya, gue ikutan permainan yang nggak pernah gue mainin sebelumnya. Permainan pakek jempol-jempol itu (lupa namanya). Dan gue kalah, muka gue dipenuhi dengan ampas kopi (karena kalau kalah, taruhannya itu). 

Besoknya, kita lanjut lagi Social Media Fest di FX. Iya, karena yang udah gue bilang kalau SMF 24 Jam. Jadi, sehari penuh gitu. Dan ini juga hari kepulangan gue dari Jakarta. Di FX, anak-anak KK mulai memisahkan diri buat main-main dan lihat-lihat di booth kesayangan. Bahkan di sana ada Teater JKT 48. Gue mau kesana. Bukan, bukan karena gue WOTA. Gue cuma pengen liat Cindy, Nabilla, dkk itu aslinya gimana. Kalau benar-benar cakep kayak di tipi-tipi, nggak gue pacarin.

Kebetulan gue lagi sama Ryan. Kita berdua cocok karena sama-sama Jomblo dan ngomongin cewek-cewek di FX. Disana kita juga ketemu Pipi. Siapa Pipi? nggak gue kasih tau twitternya, ntar lo naksir. Udeh.

Acara SMF emang unik, disana gue banyak ketemu komunitas serta berbagai macam hal kreatif lainnya. Pokoknya, sampai point ini panjang banget buat ceritain. Jadi, gue cuma bisa share fotonya doang..

Gue iteman..

Bareng pitung.. 

Bareng anak-anak HarPot Indo.


 ...
Neng, abang takut neng..
Setelah mengunjungi berbagai booth di SMF, kita memutuskan untuk ngumpul kembali di Solaria. Nah, disana ada kejadian tembak-menembak lagi. Pokoknya, gitu deh...

Karena suasana di Solaria bikin gue bete, akhirnya kita mencari tempat makan. Iya, karena gue orangnya baik hati dan berniat mentraktir mereka yang rata-rata punya mental gratisan, akhirnya kita nangkring di Sevel. Dan lagi-lagi, ini pertama kalinya gue ke Sevel. Semua serba PERTAMA KALI. 

Udik banget... 

Sevel adalah kujungan terakhir gue di Jakarta. Akhirnya gue, Rizky, Shakti berpisah sama anak-anak KK disana dan memutuskan buat lanjut ke bogor. Rasa kangen gue pun timbul... Cedih~
Bogor 
Setelah dari Jakarta, kita dijemput oleh orang tuanya Rizky untuk melanjutkan perjalanan ke bogor. Setelah sampai disana, gue tiba-tiba jadi anak komplek kayak di film-film. Iya, karena rumah Rizky berada di komplek perumahan dinas Angkatan Laut. Mendadak, gue ingin melaut. Melaut untuk mencari puing-puing hati yang tenggelam. Halah!

Disana kita makan enak, karena masakannya dari ibunda Rizky. Gimana nggak enak, namanya juga masakan dari orang tua. Masakan orang tua mau bagaimanapun akan terasa enak karena ada rasa kasih sayang di dalamnya. Pokoknya keluarga Rizky sangat perhatian dan asik.

Kita juga merayakan Idul Adha disana. Idul Adha yang gue rasakan berbeda untuk pertama kalinya. Iya, disana ada acara sate-satean. Maksudnya, acara bikin sate. Di Jambi, nggak pernah gue rasain acara kayak gini. Paling kalau idul adha, cuma sholat dan ngeliat sapi atau kambing di sembelih. Trus, difoto. Trus, upload ke Instagram. 

Di hari kamis, kita berpisah dengan orang tuanya Rizky. Gue, Rizky, dan Shakti melanjutkan perjalan ke Jogjakarta. Sebuah kota yang cuma gue liat di televisi. Ini juga PERTAMA KALINYA gue naik kereta api. 

Jogja
Akhirnya gue sampai juga di Jogja dengan selamat. Sebelum sampai, banyak hal absurd yang gue lakukan di dalam gerbong. Salah satunya, gue sempat nyasar di dalam gerbong. Nggak tahu tempat duduk gue dimana. Si Rizky dan Shakti ngetawain gue hingga ada hestek #MamadUdik. Kampret...

Shakti memisahkan diri dengan kita yang duluan turun dari kereta. Oh ya, thanks ya buat artworknya. Keren! 


Di Jogja gue melihat hal yang unik. Sebuah kota yang rata-rata jalan rayanya kecil, tapi rame. Rame tapi nggak macet. Nah, gimana tuh? pokoknya lo dateng aja deh ke Jogja. Namanya juga Daerah Istimewa. Disana makanannya juga murah-murah. Makan Nasi + Ayam 2 + Es Teh cuma 13 rebu. Pantas aja teman-teman gue yang ngekost di Jogja pada sehat sentosa. 

Disana gue juga diajak jalan-jalan mengelilingi kota bareng Rizky. Hal Apes pun melanda kami di jalan. Motor Rizky mengalami  kebocoran ban. Trus, ditambal. Abis ditambal, Minyak motornya habis. Abis minyak diisi, ban motornya bocor lagi. Duh.. 

Untunglah, akhirnya sampai juga di tugu Jogja..

Jogjaaaaa!
Setelah dari tugu jogja, kita melanjutkan ke angkringan. Dengan makan banyak, kita pun jadi mabok angkringan. Dan ketemuan bareng Junipan(tat) disana. Juni yang sempat gue repotin hingga rela bolos kerja berhasil jadi tour guide gue. 

Besoknya, gue sama Juni ditinggal Rizky ke dieng. Rizky yang tujuannya pacaran, gue sama juni malah berduaan di kamar Rizky. Ini absurd! Tolong gue!. Karena nggak ada kerjaan cuma di dalem kamar Rizky, kita pun keluar untuk ketemuan sama Anuggrah. 

Si Anu nyuruh kita untuk ketemuan di Dunkin Donuts dan nunggu di luarnya doang. Untungnya, gue sama Juni nggak jadi masuk ke dalam Dunkin. Ntar, duit gue keluar. Untunglah, si Juni orangnya nggak banyak minta. 

Di dalem kostan Anu, gue main PES. Tapi, ya gitu..... gue selalu kalah. Seharusnya, Anu bersyukur sama gue. Soalnya, kalau gue nggak kalah, Anu nggak bakal jadi pemenang. Karena bete selalu kalah main PES, akhirnya gue sama Anu memutuskan buat beli oleh-oleh. Oleh-oleh nya berupa Action Figure Gundam, Keren!

Memasuki malam hari, gue sama Juni memutuskan untuk nonton acara #LocalHeroes dari @Standupindojgj untuk merayakan ulang tahun komunitas stand up Jogja ke dua. Comicnya keren-keren. Ada Anang Batas, Oom Imot, Bene Dion, dll. Pokoknya mereka bisa bikin gue tertawa di jogja. 

Untunglah, gue sempat untuk foto bareng Bene Dion..Yuhuuuu~

Bene Dioooon! Aaaak!
Tak terasa malam itu begitu panjang gue rasakan. Hingga tak terasa gue pun pulang ke Jambi. Sedih banget rasanya ninggalin Jogja. Ah, benar-benar kota Istimewa dan sejuta seni. Ini juga PERTAMA KALINYA gue naik pesawat. Si Rizky yang menemani gue hingga ke bandara nolongin gue untuk ngurusin chek in. Maklumlah, gue belum pernah naik pesawat.

Dari bandara Adisudjipto (Jogja), trus sampai di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II (Palembang). Dari Palembang, naik bis ke Jambi. Di Jambi, ternyata lagi gerimis-gerimis cantik. Sampai kepikiran bahwa moment itu kerasa sebentar banget..

Terima kasih buat teman-teman yang mau melayani dan direpotin saya selagi di Jawa. Terima kasih Bandung, Jakarta, Bogor, dan Jogja. Suatu saat ntah kapan, gue bakal kesana lagi. 

Amin!

Oh iya, nih ada video Live Report dari gue selama di perjalanan kemaren...



Photo By: @Irvinalioni

22 comments :

  1. Kapan-kapan gue mampir ke Jambi, Mad. Aamiin. :D
    Kemaren gue kelewat SMF, mudik lebaran. Haha

    ReplyDelete
  2. emang enak klo masih muda, nikmati bro...

    ReplyDelete
  3. waa seru.. itu kayaknya ada beberapa part yg dilewatin bang :v

    ReplyDelete
  4. ahahahaha sorry mad saya gak pulang ke jogja hahaha

    ReplyDelete
  5. besok2 kalau mau ke mall..jangan lupa bawa gps ya mad..:D

    ReplyDelete
  6. Mantap banget nie liburannya.
    Komplit abis

    ReplyDelete
  7. kunjungan perdana^^

    pengalaman pertama emang selalu menyenangkan ya.. hahahaha.. gue juga tadinya mau dateng ke SMF tuh, tapi berhubung sehari sebelumnya ada acara super penting dari pagi sampe malem jadilah besoknya batal ke Fx karna udah tepar bangett.. hahahah..

    ReplyDelete
  8. Sayangnya, gue di jogja juga padahal tapi nggak ketemu.. hahah

    ReplyDelete
  9. sebenernya sih pengen banget ikut SMF sama regional bandung yang lainnya, ya cuman ga ada duit buat kesana, biasalah.. pelejar kere. :/

    ReplyDelete
  10. harus gue akuin kalo gue kangen ke-katrok-an lo mad. buruan balik jogja! :))

    ReplyDelete
  11. Haafftt, nggak bisa ikut yang tahun ini karena nonton TIMNAS -_-

    Semoga tahun depan kita bisa ketemu di SMF yak bang! :D

    ReplyDelete
  12. Hahaha kapan-kapan kita berburu stiker lagi bang! :))

    ReplyDelete
  13. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa,,,,, kebaca laporannyaaaaaaaaaaaa
    aaaaa :((( iri ga bisa ikut SMF. ga dapet traktiran deh, yah yah yah :(

    ReplyDelete
  14. MAMAD AKU KANGEN KAMU!! SINI KE JOGJA LAGI!!

    ReplyDelete
  15. Argh! Sumpah ngiri :x
    Workshopnya keliatannya keren banget. Sayang gag ada foto klosetnya, bang, jadi gag bisa ngebayangin - -"
    SMF di Surabaya kapan ye :"

    ReplyDelete
  16. keren kak informasi nya :) oia rekomendasi travel dan tour menarik lain nya bisa baca disini ya makasih

    united kingdon london travel
    SINGAPORE TRAVEL
    CARI JODOH DI INTERNET

    BALI TRAVEL

    ReplyDelete

Setelah membaca, alangkah baiknya meninggalkan komentar. Karena komentar adalah sebuah apresiasi untuk penulis blog. Diharapkan komentar tidak mengandung spam dan kata-kata yang tidak pantas.

Terima Kasih.