Wednesday, March 6, 2013

Supporter Fanatik


Di dunia ini sangat banyak hal yang kita sukai. Tak lepas dari itu salah satunya adalah Tim sepakbola. Tim sepakbola dikenal dengan supporternya yang fanatik, royal, dan kompak. Hingga menamakan mereka sendiri dengan sebutan Ultras. 

Gue sendiri juga hobi nonton bola, tapi nggak jadi supporter yang begituan amat. Gue kadang suka milih-milih klub yang gue favoritin. Milih-milih karena gue terlibat taruhan. 

Karbitan kah?....

Tidak.

Gue ingin terlepas dari yang namanya ultras dan supporter fanatik seperti itu. Fanatik enaknya kalau memenuhi batas. Biarlah mau dikatain karbitan, asal pengetahuan tentang bola gue selalu update. Nggak cuma melihat perkembangan klub itu-itu saja dan liga itu-itu saja.

Lagian juga percuma selalu gabung dengan komunitas tapi tidak tahu nama pemain dan perkembangan di tim lain.

Karbitan kah?

Maybe.

Apakah sesuatu hal kalau tidak punya tim kesukaan dibilang karbitan. Oke kita tela'ah lebih dalam. Bagaimana dengan wasit, komentator, dan pengamat sepakbola?... Silahkan jawab dalam diri masing-masing.

Sejak dari pertengahan bulan kemaren selalu banyak pertandingan big match antar klub-klub raksasa di liga-liga seantero eropa. Sejak dari itu juga timeline tweet gue jadi kotor dengan tweet-tweet supporter. Mulai dari ejekan tim lain dengan bahasa kotor, sesama supporter twitwar, dan mulai ngata-ngatain yang nggak bersalah dengan sebutan karbitan.

Kejadian itu tak cuma di timeline gue, hingga sampai broadcast BBM gue. Seberapakah pentingnya untuk dipedulikan?..

Tak cuma di Indonesia, bahkan di luar negeri pun lebih parah keadaan ultras akhir-akhir ini. Silahkan baca:

Seberapa pentingnya untuk melakukan hal tersebut?.. Coba pikir. Pemain dan timnya dapat duit hingga triliun rupiah, kok malah lo nya yang dapet koreng akibat tindakan untuk membela tim kesayangan lo. Yang rugi siapa? elo.

Maaf sebelumnya kalau mungkin menurut lo nggak semua ultrass yang begini. Ini cuma buat yang merasa bersalah. So, simple. Jangan jadi  setelah baca postingan gue ini. Keep Calm.

Disini gue bakal bicarain kenapa ada Individu/ultrass yang sampai emosi sendiri untuk membela terhadap tim kesayangannya.

1. Cari Perhatian


Ini mungkin yang dilakukan supporter yang selalu ngetweet dengan kebanggan dan kesedihan timnya saat bertanding. Cari perhatian agar tweet mereka di retweet sesama penggemar. Dan ingin mencari followers banyak (Kan sekarang banyak tuh yang sesama fans naik followersnya). 

Atau lagi mengungkapkan perasaan emosinya dengan baik-baik, tapi dinilai orang malah menjadi cara yang salah.

2. Biar Dianggap Fans Sejati

Selama keinginan itu nggak haram, nggak jadi masalah. Tapi yang jadi masalah adalah proses untuk menjadi seperti itu. Pengen dianggap fans sejati tapi malah menghujat orang yang sama-sama suka tim favoritnya dengan sebutan karbitan. katanya karbitan itu orang yang nggak tahu apa-apa soal bola. 

Nah, bisa jadi kan kalau dia mau jadi fans tim kesayangan lo dia sambil belajar-belajar tentang atmosfer bola. Malahan nanti belum tentu dia lebih berpengetahuan dari pada lo yang dianggap fans sejati. Maybe.

3. Dianggap loyal

Misalnya setiap hari ngetweet "Nobar sama anak-anak madridista dulu ah di cafe" biar kesannya dianggap loyal oleh orang lain. Nggak masalah sih selama nggak ngerugiin orang.

Tapi takut ujung-ujungnya malah ngomongin orang yang ikut nobar juga "Eh, ini kan pertandingan madrid vs barca ya, kok ada yang pakek jersey arsenal. karbitan sih~" Nah loh, gimana tuh. :|

4.  Mau cari nama
Ini sinkronisasinya dengan yang nomer 1 dan 2, biar paling terkenal di komunitas fans klubnya. Kalau perlu pengen terkenal seantero dunia kalau doi benar-benar fans sejati hidup dan mati. Tapi tetep, caranya ujung-ujungnya salah.

Pokoknya bagi gue yang namanya fans yang baik itu adalah....


Semoga etika fans-fans atau ultras semakin baik dan tidak merugikan klub yang dibela. Agar kita juga saling menerima yang fanatis atau tidak. Yang penting sesama Gila Bola.

Fanatik boleh, asal nggak rusuh dan membuat kerugian bagi orang lain. Duduk, Nonton, dan Diam. - Ahmad Firdaus

18 comments :

  1. Suseh emang fans yang kayak gitu, dibilangin malah ngamuk-ngamuk. Alesannya ya klise banget "suka-suka gue dong". Jarang fans kayak gitu baca yang beginian biar mereka sadar

    ReplyDelete
  2. kadar gila nya beda2 jg sih, gak ada nmnya supporter karbitan jg. supporter ttp ya supporter, yang memberi dukungan tim yang di jagoin. makanya supporter itu di kasih julukan pemain ke 12 dilapangan. Nah masalah loyal atau tidaknya terserah ente. dikasih contoh kalau lo punya cewek/bini ntar masih mau ngeidamin bini orang lain. itulah disebut loyalitas, inget loyalitas itu berefek kepada kepuasan diri sendiri, jadi misal lo cinta klub ini itu, lo bukan supporter sejati.

    dan setia itu perlu loh. anarkis yg gak baik, nah kalo itu mari instropeksi diri sendiri.

    masih ada lagi, kata siapa wasit, komentator gak punya tim pujaan, coba check youtube, nah kalau lo berpatokan ke ibnu jamil dia bukan supporter dia pencinta bola sejati, tim apa aja dia nonton bahkan ke stadionnya sana. tapi kalau lo ngomong sama suporter fanatik yg loyal, bisa2 kontroversi nih tulisannya. tapi keep calm aja. sensasi itu perlu, ya ga? nice posting....

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue sih lebih tertarik baca komen mas Gemboool ini. Super sekali, kek mysupersoker :p

      Delete
    2. Fans Fanatics itu mencintai, jika dia mencintai maka apapun bisa dia lakukan, terkadang orang ikut sporter hanya karna jaman dan keseruannya saja tapi merekaa tidakk menggerti cinta club Kebanggan itu perluu

      Delete
  3. Gua liat sih di mana2 yg namanya suporter olahraga memang selalu gampang kepancing emosi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah drama om :)
      jadi wajarlah ada pihak yg menjadi biang kerok. tp, rata2 sih FIFA sudah bekerja baik, nah di Indonesia Sepak Bola kita belum dewasa banget. masih labil. entah mana yg bener cinta sepak bola atau enggak, termasuk PSSI. kenapa? coba pikirin PSSI sekarang dipimpin Roy Sukro yg gak ada sama sekali latar dunia sepak bola. bknnya meragukan, tapi gue gak yakin tuh 'pakar' komputer katanya ngerti sepak bola. ngurus komputer ngehang aja katanya tinggal ctrl+alt+del. jelas2 itu untuk buka task manager, bkn untuk hilangin ngehang.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Antara mau jadi Glory hunter atau Euforia hunter ...

    ReplyDelete
  7. walopun aku nggak mudeng sama apa yang kamu omongin, tapi quote terakhir bagus!!
    emang kalo nonton bola itu jangan berisik. diem, konsentrasi...nggak ricuhh!! hehehe

    ReplyDelete
  8. Kalo nonton sambil diem apa ramenya? malah di ributnya itu ramenya kerasaa :D

    ReplyDelete
  9. penonton di Indonesia sekarang udah berubah, lebih banyak duduk sambil makan, beda dengan tahun-tahun yang lalu yang setiap penontonnya selalu berdiri dan bernyanyi bersama.

    ReplyDelete
  10. Gak ribut gak rame katanya hehe

    ReplyDelete
  11. Beda dengan kami :D
    Kami aremania mendukung klub kami dengan penuh kesetiaan
    Kami punya loyalitas
    kami bersatu bernyanyi bersama bergoyang bersama untuk mendukung Tim kami

    Kami
    No Artis No Rasis No anarkis

    Karena kami aremania
    Salam Satu Jiwa :D

    ReplyDelete
  12. JADILAH SUPERFANS (FANS FANATIK) YANG CERDAS, JANGAN JADI SPORTER YANG TOLOL INI UDAH JAMANNYA SUPERFANS BUKAN JAMANNYA SPORTER, YG DI BANGGAIN ITUH CLUB BUKAN KORWIL/NAMA DAERAH INGATLAH SATU HAL! SUPERFANS(FANS FANATIK) ITUH LEBIH DI ATAS SPORTER!!!

    ReplyDelete

Setelah membaca, alangkah baiknya meninggalkan komentar. Karena komentar adalah sebuah apresiasi untuk penulis blog. Diharapkan komentar tidak mengandung spam dan kata-kata yang tidak pantas.

Terima Kasih.