Monday, February 20, 2012

Kuliah itu susah, dek!

Jadi ceritanya sekarang gue lagi kebanjiran tugas akhir untuk menghadapi UAS di kampus ntar. Denger klo dosen nerangin di kelas tiba2 nerangin masalah tugas itu sesuatu bgt. Lagi enak2 nya duduk tenang buat menuhin buku absensi doang, Tiba2 kepala serasa ada beban klo di kasih tugas. Inilah yang namanya perkuliahan. Dunia keMahasiswaan sungguh terasa berat, apa lagi klo gue berat2in.

Bedanya sewaktu jadi siswa ama sekarang (mahasiswa) itu jauh banget. Emang, klo sekolah kita di bebanin waktu hingga 7 jam (jam 7.00 - 14.00) dan yang namanya PR pun jadi sempat klo dikerjain disekolah. Klo kuliah, mainan waktunya berbasis SKS. 1 SKS = 45 menit. Standarisasi kuliah minimal 2 SKS/mata kuliahnya. Emang gak ngebetein sih klo masuk hanya 90 menitan. Tapi, yang bikin sebel itu klo bela2in nungguin dosen yang gak muncul2. 

Di sekolah juga kita kenal yang namanya guru. Sifat guru beda banget sama dosen. Klo guru, kita masih bisa di beri konsekuensi klo ada masalah. Klo dosen, Terserah apa mau lo, mau lo bermasalah apa tidak, yang penting dosen telah memberi lo pengajaran sesuai aturan yang ada. Dalam konteks percakapannya kira2 begini:

"Nak, kamu udah 3 minggu gak masuk2 sekolah. Nilai mu juga banyak yang gak ada. Jadi ibu berikan kamu ujian ulang ya?" (guru, untuk siswa yang bermasalah)

"Pak, tolong pak, seminggu yang lalu saya izin. Tapi suratnya gak nyampe2." - "Gak ada! duduk sana!" (Dosen, untuk mahasiswa yang ngenes)

Kira2 begitulah perbedaan dosen sama guru. Namun dalam hal tugas, di kuliah juga gak tanggung2 yang namanya MAKALAH, KARYA ILMIAH, serta SKRIPSI. Di sekolah cukup di beri buku LKS, jadi tinggal isi saja apa yang ada di dalam buku. Klo kuliah, Tulis tangan dengan target halaman yang di berikan dosen. Bikin tangan lo kelepar kelepor. Tapi semua itu tidak sebanding dengan yang namanya SKRIPSI. Silahkan nikmati aja nanti.
Nah, udah tau kan gimana gambaran mengenai kuliah. Santai sob, bukan berarti pada saat kuliah lo gak bisa santai. Jangan sampai kepala lo keliatan uratnya ketika membaca soal kuliah tadi. Jadi, gimana caranya agar kuliah lo baik2 saja?....gue kasih caranya nih! 
Cara kuliah biar berjalan lancar
1. Selalu datang setiap matakuliahnya
Absensi menjadi hal utama untuk mengikuti ujian. Persen absensi tergantung dari dosen bersangkutan. Keterlambatan juga menjadi pengaruh anjloknya absen. So, walau lo nantinya jadi anak kost, Jangan kebanyakan nonton pertandingan BARCA vs MADRID yang rata2 mulainya jam 04:00 pagi. Padahal jam 08:00 nya lu kudu kuliah.

2. Turutin apa kata dosen
Menjadi syarat wajib juga nih. Klo dosen memberi tugas, maka kerjakanlah. Gak musti terfokus tugas lo sempurna, tapi yang penting tugas lo kumpulkan dan kerjakan. Misalnya klo dosen nyuruh lo nyari pacar untuk dia, itu perlu di pertimbangkan.

3. Dekatin dosennya
Misal klo lo berada di kantin kampus dan bertemu dosen lo disana, sapa lah. Klo bisa lebih dari sapaan. Lo ajak ngobrol si Do'i dan cerita2 mengenai mata kuliahnya gitu. Klo dosen lo humoris atau seorang comic StandUp Comedian, maka ajaklah bercanda. Pandai2 bergaul lah.

4. Selalu Aktif di Kampus
Ini juga yang penting. Ikuti kegiatan ekstrakulikuler yang cocok di bidang lo. Misalnya lo jago Design grafis, maka gabung aja ama anak2 design grafis dikampus lo. Jangan segan2 gabung juga di BEM. Apa lagi klo sampai terpilih jadi panitia ospek. Puas2in ngerjain anak orang. hehehehe. Sehabis ospek, banyak adik2 tingkat yang nyapa lo. "halo kakak, kemaren gokil deh aksinya." kan sekalian jadi seleb kampus. 

Oh ya, preman kampus juga termasuk seleb lo di kampus. Tongkrongan para preman kampus ini bisa lo temui di kantin2 kampus. Rata2 para preman kampus kebanyakan semester akhir.

Yap, itu aja deh yang bisa gue berikan. Mungkin ada temen2 yang sesama mahasiswa bantu2 nambahin? Silahkan koment aja! yeahMahasiswa #Loh!  Oh iya, kemaren gue juga pernah posting tentang OSPEK Disini. So, bagi yang menghadapi ospek, jangan cemas yaaaa...

39 comments :

  1. aseeek ah tipsnya :D
    emang bener banget apa kata lo.. pas awal2 kuliah juga gue sempet shock karena belum terbiasa. tapi lama2 mah biasa juga sih, jadinya gampang2 susah. hehehe

    ReplyDelete
  2. __yang bikin sebel itu klo bela2in nungguin dosen yang gak muncul2__

    kalau aku malah seneng,apalagi kalaui sampai dosennya gak datang #lhoo
    hahahhaa

    nice tips, :)
    apalagi kalau udah skripsi, harus bnr pandai2 ngedekatin dosen, kalau nggak dosen bisa jd kayak jailangkung.. ^_^

    ReplyDelete
  3. bener banget mas kuliah itu sulit drpada sekolah. dlu saat masih SMA terlalu bnyak mengeluh kalo dpet PR pdahal sbnernya tgs skolah ank SMA dbndingkan tugas kuliah mahasiswa gak bakalan ada apa2nya.

    ReplyDelete
  4. kalo dulu kata guru PPL di sekolah ku. kalo pas ngobrol ama dosen kita mesti ngomong pake nama kita. misalnya "pak, tika gak tau yang ini lho, bisa dijelasin gak pak?"
    yah begitulah. kalo kita selalu nyebut² nama kita, dosen bakal inget terus. yah sapa tau aja nilainya bisa dibantu gitu. :D

    ReplyDelete
  5. Huehehehehhe, kita anak komputer tugasnya menyiksa... Punya dosen ngajar alakadarnya saja, tapi tugas yang dikasih bikin kita lupa buat boker... Errrr... Gue jadi curhat disini...

    ReplyDelete
  6. katanya banyak dosen yang nyebelin ya bang, ngasih tugas giliran tugas beres ngga dateng.. hahaha

    ReplyDelete
  7. Itu dosen telat dateng bener tuh. Aku pernah ngalamin, ngenes parah. Kuliah jam 8 pagi batal, jam 10 batal, jam 2 & 4 ikutan batal, alhasil ikut kuliah yang jam 8 malem -______-"

    ReplyDelete
  8. ntar kalo lu udah jadi mahasiswa tingkat akhir, pesannya pasti beda lagi.. selamat menikmati saat2 jadi mahasiswa, puas2ain deh madz.. hehe..

    "Kuliah itu susah, nak"

    ReplyDelete
  9. yang ngedeketin dosen boileh tuuh di coba #plak

    tips ini bakal aku inget ampe nanti aku kuliah :3

    ReplyDelete
  10. Setuju nih bang.. emang gila banget perbedaan kuliah ama SMA tuh --_--

    ReplyDelete
  11. Kalau dosen lagi gak mood, bisa mata kuliah di delete..alamat harus nunggu semester berikutnya #pengalaman

    ReplyDelete
  12. bisa2 digetok para ortu ni liat jdulnya hehhehe

    ReplyDelete
  13. Waah kayanya gambaran dosen-dosen di Indonesia berbeda banget ya sama dosen-dosen dari luar sono. Katanya sih kalau dosen di Indonesia pada killer tapi di luar sono dosen-dosen sangat asik alias baik & senang membantu mahasiswanya, tapi bukan berarti mutu kuliah-nya jelek malah di luar sono banyak mencetak penemu-penemu loh ... ya itu karena dosen-nya senang membantu tentunya (ppsstt ... itu sih kata pengalaman orang yang kuliah di luar sono loh).
    Salam

    ReplyDelete
  14. Boleh juga tuh tips deketin dosen :p
    Ampun dah yg namanya dosen, gue lebih takut sama dosen daripada sama orang tua :(

    ReplyDelete
  15. saya masih SMA, tapi baca posting ini jadi ngiler sama yang namanya kuliahan.
    tipsnya bakalan diinget deh bang xD

    ReplyDelete
  16. weww kayak gtu yaah, memang realita yang ane temuin di sekitaran kampus juga dulu pas awal kuliah :D

    hehe, kunjungan balik ane ni gan :D
    thnk's for visiting me,,
    kalo agan mau, tukeran link gmana?
    balas di cbox ane ya

    ReplyDelete
  17. Hohoho aku menangkap penderitaanmu sebagai mahasiswa bang, ini aku rasa jeritan hati huahuahua :p tapi, kuliah itu asyik loh *padahal blm kuliah* xD

    ReplyDelete
  18. Kuliah susah..?Mmm... tergantung mau jadi spesies apa nanti kita di sana, hahaha... Kuliah itu hanya pengantar menuju kesuksesan.

    ReplyDelete
  19. boleh ni.. gue pengen kuliah tahun ini dan semoga gue dapat dosen cakep yang bisa gue deketin trus di jadiin pacar :D

    ReplyDelete
  20. ada satu lg bedanya..
    pas sekolah paling seneng kalo ada tgl merah,, tp pas kuliah paling bete kalo ada tanggal merah, karena harus nyari kuliah pengganti,, dan mesti nyocokin waktu lagi sama dosen,,

    ReplyDelete
  21. kau membuat generasi muda galau bang -___-' kuliah atau kawin ya #ehhh

    ReplyDelete
  22. ini Tante pakai akun artis, cuma mau bilang pist-nya kece.. Tapi kasian yg nnulis jomblo. Assalamualaikum

    ReplyDelete
  23. walah2 gAya mu mas mad . emg tu smw dah ente lakuin .,.,.,,.
    hehehh

    ReplyDelete
  24. ane kga demen ikut organisasi,,rempong sih ya wkwkkw
    tp ya alhamdulillah ga prnah dapet mslah,,asal trik rajin kul n deketin dosen dijalankan wkwk :D

    nice tips lho :D

    ReplyDelete
  25. Asikkan bang Mamadz, itu semua based on pengalaman pribadi Madz ? #nanya

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. aku malah gak sabaran bg,nungguin kuliah nanti. Uda bisa kebayang lah? Muahaha.

    ReplyDelete
  28. Aku gak nemu cbox diblog ini._. Tapi makasih ya kunjungannya :) aku suka blog abang, postannya kreatif! Thumb up.

    ReplyDelete
  29. Wow, tahun ini gue masuk kuliah bang :)

    ReplyDelete
  30. Keren madz..Tips ysng menarik! :)

    ReplyDelete
  31. terus kalo kendalanya uang kuliah gmn tuh >>> hehe salam kenal

    ReplyDelete
  32. Mwahahaha, jadi inget masa kuliah dulu..bener tuh kata mu! jadi mahasiswa banyak tugasnya..klo gk mao bnyak tugas, setelah lulus SMA balik ja lagi ke SD..heee

    ReplyDelete
  33. ini penggalauan buat gue yg kuliah taun ini -___-

    ReplyDelete
  34. cukup masuk akal juga tuch tipsnya....
    tp yang paling bikin bingung ntuh gimana klo dosennya itu sama2 cowok...beeeuuuhhh jd repot donkk

    ReplyDelete
  35. Wah, keren2 tulisannya Masbro,,
    Cukup memberi inspirasi untuk saya yang masih newbie di dunia blogging

    ReplyDelete

Setelah membaca, alangkah baiknya meninggalkan komentar. Karena komentar adalah sebuah apresiasi untuk penulis blog. Diharapkan komentar tidak mengandung spam dan kata-kata yang tidak pantas.

Terima Kasih.