Monday, September 23, 2013

Cara Menjadi Anak Band Yang Baik


Tanpa berbasa basi sambil minum susu basi, gue diciptakan tuhan di bumi ini dengan adanya kreatifitas dalam diri gue. Setiap manusia juga begitu, makanya ada yang namanya hobi. Salah satu hobi pertama yang gue jalani adalah nge-Band. Iya NgeBand. Bukan NgeBandcong...

Bakat ngeband gue lahir semenjak gue duduk di kelas 3 SMP. Awalnya gue disuruh untuk belajar bermain gitar oleh abang gue. Mumpung gitar dirumah itu tak lama dimainkan dan berdebu, gue semangat untuk belajar gitar karena kata dari abang gue..

"Mad, belajar gitar, sana! Laki itu harus bisa main gitar!" Kata abang gue.

Mungkin karena gue tidak mau menjadi Gay di dunia ini, maka gue harus bisa ikhlas dan semangat belajar gitar. Walau itu nggak ada hubungannya gitar dengan hormon testosteron.

Hingga suatu saat gue udah punya berbagai macam band, Mulai berbagai genre musik, hampir semua gue mainin (termasuk koplo). Dan tetep aja, itu gagal. Gue gagal membentuk band yang solid sampe sekarang. Hingga gue tetap mengidamkan suatu saat punya band yang solid sampe tua kayak Metallica.

Walaupun gagal membentuk band yang solid, alhamdulillah gue memiliki banyak teman yang berdarah musisi (termasuk teman-teman yang pernah satu band ama gue). Yang namanya teman dan perkumpulan itu lebih berharga ketimbang lo punya band tapi tak ada punya bersosialisasi.

Menjadi anak band adalah impian setiap remaja yang baru untuk mencari jati dirinya atau karena keturunan dari orang tua yang musisi dan bakat lahir. Gue menjadi anak band awalnya karena pengen terlihat keren di SMP. Karena di SMP gue rata-rata siswa nya lebih banyak menjadi atlit. Emang sih menjadi anak basket itu keren dan gampang dapetin cewek, tapi karena fisik gue (Yang kayak rusa) tercipta bukan untuk bermain basket.

Ternyata setelah jadi anak band, terbukti gue udah punya mantan yang beginian..

Kenalin, namanya prisa..

Tapi gue pengen berharap punya jodoh yang kek begini..

Subhanallah..

*Oke, curhat selesai* 

Anyway, pengalaman ngeband gue nggak terlalu luas. Tapi pengalaman akan berusaha menjadi yang terbaik sudah gue lalui walau hasilnya bagi gue kurang maksimal. Disini gue akan berbagi bagaimana caranya menjadi anak band yang baik.. khusus buat lo yang udah punya band atau yang berencana pengen bikin band.

Cekidot brooo..

Menjadi anak band yang baik..
1. Patuh Kepada Orang Tua

Ini sudah menjadi suatu hukum wajib bagi anak muda yang beragama. Walau kita anak band yang ugal-ugalan, jangan sampai dibawa ugal-ugalan nya dihadapan orang tua. Karena itu bisa membuat orang tua nggak mendukung hobi ngeband lo. Jadi buat lo yang anak band, tetap patuh kepada orang tua.


2. Jangan Lupa Berdoa Sebelum Tampil

Walaupun lo cuma manggung di event musik kecil-kecilan, tapi doa tetap dijalankan. Bisa aja lo nanti kalau lo perform, senar gitar lu malah putus. Atau sound nya yang kurang bagus ditelinga penonton. Bagi gue, berdoalah. Setelah berdoa jangan lupa mengecek sound terlebih dahulu sebelum tampil.

3. Jangan Sombong 

Sombong adalah hal yang paling dibenci tuhan dan umat manusia. Buat lo yang anak band, jangan lah sombong kalau lo anak band yang punya band berkelas. Bisa aja kalau lo sombong malah di hadapan seseorang yang ternyata doi adalah personil band nasional. Jadi, janganlah sombong.

4. Konsisten Aliran Dalam Band

Jangan gampang mengganti-gantikan aliran dalam band. Nggak apa-apa kalau sedikit agak bergeser tapi tetap dilingkup genre yang sama. Ntar pasti temen lo kaget ketika liat lu perform biasanya bawain lagu-lagu seringai, malah sekarang bawain lagu-lagu Kahitna.

5. Terus Berkarya

Punya band kalau nggak ada karya sama aja lo jadi pegawai, tapi nggak pernah ke kantor. Karya merupakan hal yang penting buat band yaitu lagu, album, merchandise, atau apapun yang bisa lo jual. Sebenarnya ngeband yang baik itu tujuannya bukan nyari royalti, tapi untuk kesenangan yang awal dinamakan hobi. Tapi lu tetep kerja gitu sambil ngeband. Kan asik..

Lagu juga nggak usah ngikutin selera pasar. Karena ngikutin tren pasar akan cepat juga matinya. ya pokoknya tergantung lo mau bikin lagu yang bagaimana sesuai dengan konsep aliran band lu.

Contoh nya kek begini:


Di atas adalah contoh lagu yang nggak ribet, keliatan kalau nggak mentingin royalti tapi hobi. Yang penting lagu lo easy listening dan enak di dengar (Contohnya lagu di atas).

Yup, itu lah dari gue cara menjadi Anak Band yang baik. Sekian...

Kuliah sambil ngeband boleh, tapi jangan sampai kuliah menganggu band. - Tono (OB kampus)

10 comments :

  1. bener bgt, aku ngediriin band bulan maret, bulan juni kisruh, bbrp personel seenaknya sendiri, bubar trus entah mengapa hubungan antar personel yang juga temen sekelas jadi jelek, ga pernah nyapa, dingin. aneh -_-

    ReplyDelete
  2. anak band pas smp sampai sma doang mad hehehehe

    ReplyDelete
  3. ngikutin passion diri sendiri itu lebih bagus, ketimbang ikut-ikutan. Contohnya anak band.

    Btw, itu band dari namanya aja udah eye catching banget ya :D

    ReplyDelete
  4. wakakakak tempat gue ada, sebuah band, isinya anak hijabers mainnya lagu poprock. sayang, mereka masih anak Smp -___-

    ReplyDelete
  5. Pengen dach w jdi anak band, tpi sayang w gk pnya bkat.
    Jdi hnya mnikmati sja.

    ReplyDelete
  6. Gue salut ama quote yang ini:
    "Kuliah sambil ngeband boleh, tapi jangan sampai kuliah menganggu band. - Tono (OB kampus)"

    Kocak abis hahahha

    Salam,
    Fuji (TrigonalWorldDotCom)

    ReplyDelete
  7. band itu apa? sejenis bahan makanan ya? bahan buat kue ya? ah....

    gw setuju poin pertama, patuh orang tua. meskipun ortu nyuruh bubarin band, elo kudu patuh!

    ReplyDelete
  8. Anak muda yang suka bermusik itu keren pertanda punya daya kreativitas yang tinggi...

    Kunjungi juga http://www.wovgo.com/ di situ ada artikel soal band 90an yang nggak kalah menginspirasi anak-anak band masa kini :)

    ReplyDelete

Setelah membaca, alangkah baiknya meninggalkan komentar. Karena komentar adalah sebuah apresiasi untuk penulis blog. Diharapkan komentar tidak mengandung spam dan kata-kata yang tidak pantas.

Terima Kasih.