Friday, February 8, 2013

Menjalani kuliah agar terlihat elegan dan nggak stress


Sebagai mahasiswa yang hidupnya didampingin dengan hobi, kadang waktu gue untuk meluangkan pikiran terasa sedikit. Karena waktu yang banyak itu cuma buat untuk hobi gue. yak, hobi gue nepukin nyamuk. Karena di rumah gue banyak nyamuk. 

Apa itu pantas dijadikan hobi?...
Bodo amat...

Dengan banyak waktu menjalani hobi ketimbang belajar/bikin tugas kuliah, gue lupa jadwal ke kampus. Jangan itu, tarif naik ojek dari rumah gue ke kampus aja lupa berapa.

jadi intinya, gue lupa kampus gue dimana...

Itu bikin gue nggak terlihat stress dengan keadaan kampus. Kenapa? karena gue punya quote sendiri:
"Jangan jadikan kuliah menganggu hobi. Kecuali kalau hobi lo memang kuliah..."
Gue nyaman dengan hobi gue. Gue udah setia dengan hobi gue. Dan beraharap, hobi gue ini dapat menjadi profesi gue nanti. 

Kuliah itu cuma waktu rutin gue di pagi hari. Sama kayak mandi. Bukannya males dengan kuliah, tapi kuliah hanyalah penunjang gue untuk mendapat gelar (yang katanya) wajib dimiliki oleh manusia Indonesia. Yaitu S1. Tujuan gue untuk mendapatkan gelar S1 bukan untuk modal nyari kerja. Tapi sebagai sertifikat dan bukti kalau gue udah pernah selesai kuliah.

S1 bukan berarti lo bisa sukses, men. Bagi gue, sukses itu kalau bisa bikin orang tua bahagia dan mendapatkan hasil dari pekerjaan yang menurut kita menyenangkan. 

Dan itu menurut pilihan setiap Individu masing-masing.

Nah, buat lo yang fokus atau sekedar lagi menjalani kuliah agar nggak stress, gue punya tips nya nih.. (Klik Lanjut Madz)


1. Jangan meribetkan tugas

Maksudnya disini adalah jangan terlalu dipikirkan kalau tugas itu menjadi suatu hal yang mematikan. Jadikan tugas itu sebuah hal yang menyenangkan. Banyak orang yang memikirkan suatu tugas itu akan tingkat kesulitan dan cara membuatnya. 

Bagi gue sih selama masih ada yang namanya Internet, ya nggak usah terlalu diribetkan lah. Tinggal search, modif sedikit dan tambahkan setidaknya satu atau dua paragraf yang original tulisan lo. 

"Bagaimana kalau tugasnya menurut pendapat kita masing-masing mad?"
Gampang, cari aja referensi lo di internet dan baca-baca dulu. Abis itu, lo tulis ringkasan hasil bacaan lo di tugas itu..

Dengan cara tersebut juga bisa mengasah kemampuan kita dalam dunia menulis dan merangkai kata-kata. #Cielah

2. Bawa santai pada waktu pra ujian..

Belum ujian aja udah stress, gimana nanti klo udah masuk ujian. Bawa selow aja sih, jangan anggap ujian itu sama kayak lo masuk neraka. Tapi anggap ujian itu sama kayak lo masuk jurang. *eh.

Temen gue dikampus banyak yang stress mikirin Ujian nanti gimana dan mau jawab apa..Yang penting jangan terpaku dengan porsi belajar yang berlebih, itu bakal bisa merusak kinerja otak lo dan merusak hubungan pacaran lo karena waktu pacarannya gak ada. Jadi, sebelum ujian, lo bisa melakukan hal yang simple dan berdampak baik saat Ujian nanti..

Yaitu, persiapin catatan materi mata kuliah yang akan di ujiankan dalam bentuk kertas ukuran yang bisa dimasukin ke dalam kantong. Soal pengawas nya ngeliat atau nggak, lo bisa kok permisi ke WC pas ujian nanti...pas udah di WC, lo hapalin tuh contekan lo. Klo gak ada contekan, jangan lupa bawa smartphone..kan bisa googling pakek wifi kampus.

Gimana? Indah bukan?...

3. Bersikap tenang saat dosen menerangkan

Nggak ribut di dalam kelas yang ribut, mungkin menjadi pandangan baik dosen saat mengajar di kelas. Klo dosennya cewek cakep, coba fokus ke materi yang di ajarkan, bukan arah t*ketnya.
Contohnya seperti ini...
Biasakan juga kalau dosen bertanya "Ngerti?" suara lo harus lebih kenceng dari mahasiswa lainnya saat menjawab "Ngerti pak!".

Abis tu lo dipanggil untuk menyelesaikan soal yang dibikin dosen. Lumayan kan bisa cari muka di depan dosen sama mahasiswi-mahasiswi cakep di kelas. Pas di depan nggak ngerti, itu derita lo karena mau aja ikutan tips gue..

4. Pacaran lah

Dengan berpacaran, lo bakal merubah mindset lo kalau kuliah itu seram. Tapi nyatanya Indah. Indah kalau punya pacar. Bukan berarti lo kuliah tapi pacaran sama anak SD sebelah, tapi pacaran dengan temen sekelas. Bukan berarti juga lo pacaran sama teman sekelas tapi sesama jenis. Tapi beda jenis. Sama hewan... *eh

Lebih enaknya kalau lo punya pacar sekelas dan pinter orangnya. Bukan pinter ngibulin, tapi pinter ML (Menyelesaikan masaLah). Kalau lo punya tugas berat di kuliah, tinggal minta bikinin aja sama pacar lo dengan diawali "Kataya sayang.."

Contoh: "Katanya sayang, kok nggak mau ngerajin tugas multimedia aku.."...sebagai mahasiswa lo dianggap keren! keren buat diputusin pacar!

Sekian tips dari gue. semoga aja bermanfaat. Kalau nggak bermanfaat, follow aja blog ini. Kalau bermanfaat, koment yak!

Nilai IP itu sekedar goresan pena, tapi tidak menentukan kesuksesan seseorang. - Bambang (Mantan gue)

20 comments :

  1. Kalau dosen kayak gitu bisa-bisa fokusnya teralihkan Madz .__.
    Btw, itu foto dosen di kampus lu? WoW.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya lihat pelajaran yang diajarkannya, Jangan lihat TOKET! *eh :|

      Delete
  2. Waduh sarannya beneran nggak neh...gile aje. Oke bro datang ke tempatku juga ya http://www.catatanyuki.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. madz,coba deh lo ngomong gitu ke dosen lo.
    ini semua nggak semudah yang kau tuliskan,kisanak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udah gue bilang, blog gue area sesat -_-

      Delete
  4. Gimana kalo tugasnya ngitung angka, aljabar yg njelimet, sama analisis sistem.. dan besoknya mesti dikumpul. bbwahahaha.

    Tapi setuju lah kalo nomer dua, itu berlaku buat MKU dengan pengawas yang gak banyak aturan. hahaha

    Gokil

    ReplyDelete
  5. Sungguh sayang gue gak lanjut kuliah tapi langsung gawe, dan sarannya pun gak kepake :D haha

    ReplyDelete
  6. meribetkan tugas yg kini gua alamin,, asem banget dah jadi mahasiswa yang tugasnya lagi seabrek2nya

    ReplyDelete
  7. wekwekwek banget nih tipsmu Mad..hahaha..jadi tips ke empat itu sejenis penuh modusss..hahaha...gue doain cumlaude ya Mad..:D

    ReplyDelete
  8. edeh sama aja kuliah ama SMA,sama2 suram. zzzzzzz klo dosennya kyk tuh cewek,gue mah mau deh,klo perlu nikahin tuh dosen *eh komen back y

    ReplyDelete
  9. kalo kata dosen gue.. IP itu tidak menjamin, IP hanya akan menjadi kenangan nantinyaaa..

    btw, itu tips no.2 boleh juga ditiru.. muahahahaha *ketawa setan :D

    ReplyDelete
  10. dosennya sexy amat. ikutan giveaway di blogku yuk

    ReplyDelete
  11. Baru baca, dan gue akan segera mempraktekannya di semestar 4 besok haha

    ReplyDelete
  12. hahhaa,, gokil (y)
    salam knl ya mad,,
    main2 ke blog gw donk ;)
    www.nyonyanisa.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. bambang bambang, uda lama kalian putus ? pasti gara gara gamau bikinin tugas multimedia :3

    ReplyDelete
  14. hahahaha
    postingannya bagus gan,Lanjutkan!!

    ReplyDelete

Setelah membaca, alangkah baiknya meninggalkan komentar. Karena komentar adalah sebuah apresiasi untuk penulis blog. Diharapkan komentar tidak mengandung spam dan kata-kata yang tidak pantas.

Terima Kasih.