Thursday, October 4, 2012

Followers atau babu?

Selamat dateng di bulan oktober yang penih berkah ini. Walau status gue gak juga berubah2 disaat seringnya bulan berubah2. Nah, dipostingan gue kali ini gue bakal ngebahas yang namanya followers. 

Bahas followers, mau bahas tentang bunga mad?...
ITU FLOWER WOY!!! FLOWER!!!

Gue juga menjadi salah satu follower banyak orang di jejaring sosial. Sebagai follower, kita mustinya punya alasan sendiri kenapa kita follow seseorang. Ntah itu dia punya bakat, kepintaran, cakep, kata2 nya yg bermakna, dll. Kadang seseorang yg bercitra buruk pun bisa memiliki banyak followers...mungkin dalam benak followersnya: buruk di kita, baik di mereka.

Banyak orang di dunia ini yg pengen punya followers banyak, biar kyk artis gitu. Salah satunya dengan cara yg menurut gue "JALAN PINTAS" yaitu "Minta Follback-nya". Gue sendiri sih gak masalah minta follback klo itu memang orang yg gue kenal dan akrab di dunia nyata. Kadang walaupun gue sendiri suka minta follback juga ke artis2.

Nyatanya di jejeraing social, kebanyakan follower tidak sadar klo mereka itu cuma sekedar follower atau babu. Banyak yg jadi problema klo mereka harus ngeretweet sebuah tweet terus2an yang tweetnya pun tak ada makna nya sama sekali..contohnya klo ada artis yg bilang "Mau pergi nih..." retweetnya bejibun, dan gue gak tau kesalahan apa yang ada dalam diri mereka.

Dan saking polosnya mereka, secara gak sadar kadang mereka terjebak dalam sebuah tweet campaign. Seolah2 diawali dengan permainan dan diakhiri dengan sebuah masalah yg menimpa artis...gak taunya dalam kejadian itu tertera sebuah merek.

Nah, sekarang gue mau ngebahas tentang macam2 follower yg gak sehat itu gimana...cekidot.

Macam2 follower

1. Follower update
Nah ini yg gue maksud follower update. Mereka2 ini berusaha menjadi yg terupdate di antara follower2 mereka. Di dalam twitter, mereka sering ngerteweet tweet artis yg terkesan biasa dan tak ada makna seperti "Mau makan nih...", "Mau Boker nih, ikut gak", dll. 

Gak masalah sih kalo mereka berusaha update sama idola mereka, kan mereka follow. Iya follow sih boleh, cuma kasihan follower lo yg timeline nya penuh ama retweetan gak penting bagi dia.

2. Follower copycat
Ini juga jadi masalah sih, klo di twitter/jejaring social lainnya menerapkan hukum hak cipta tweet/postingan. Follower copycat ini yg seluruh isinya ngetweet tentang kopian tweet idolanya. Salah satu niatnya sih mungkin pengen punya banyak followers kyk idolanya. Cuma ngeselin aja klo kita udah follow idolanya dan dia...kan gak enak klo tweet nya sama di TL. Ngeselin juga buat idolanya yg ngetweet, tweetnya dibajak.

3. Follower obsesi
Jenis follower yg satu ini sangat terobsesi dengan idolanya. Contoh kecilnya dengan memakai nama "@DoryJKT48" yang sangat terobsesi dengan JKT48.  Kebanyakan ini cuma keisengan seorang user aja, tapi bikin risih fans2 JKT48 yang gak maniak2 amat.

4. Follower latah
Ini jenis follower yang mengikuti arus trend. Gue juga banyak temuin follower yg latah di twiiter. Tren akun galau, maka mencari follower dengan merubah konsep tweet menjadi full galau. Kasihan followers lo, sewaktu dia follow lo bukan karena tweet lo yg kyk begono.

Nah itu ajasih yg gue bahas kali ini. Pesan gue jadilah follower yg bijak..mulai dari milih yg mana yg baik buat lu follow. Jadilah follower yg ramah lingkungan timeline. Mohon maaf klo ada kesalahan opini/statement. Karena penulis/blogger itu punya pikiran kritis masing2.

Sekian.

14 comments :

  1. Gue paling malas sama follower jenis ke 2. Gak nyadar kali ya yang dia copas itu tweet orang yg kita juga follow :|

    ReplyDelete
  2. Benar tuh jadilah follower yang bijak dan menghargai karya orang lain. Jangan jadi plagiat dll :)

    ReplyDelete
  3. malahan aku jarang banget pake twitter, kecuali kalo mau promosi blog...

    ReplyDelete
  4. apakah ada cara agar blog mamad gampang dibuka? berat banget, padahal udah pake speedy tengah malem nih -_-

    ReplyDelete
  5. follower updategue paling ga suka..
    ga pnting bnget kan tiap menit update..indonesia banget tuh...haha

    ReplyDelete
  6. hahahaha... bener juga kamu mad.. selama ini sih saya gak begitu perhatiin seperti kamu merhatiin mereka.. follow dong.. wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. Sesekali jadi follower boleh juga.

    Tapi kalo kelamaan, kitanya yang nda maju2 :)

    Adi - cara memikat wanita (dot) com

    ReplyDelete
  8. exitensi orang di media social cumn 2,di perhati atau pemerhati,
    andaikan saya kaum analytics: jelaskan..kepada saya fungsi media social apaaaa??? hayooo...

    ReplyDelete
  9. update tiap menit yg bikin males bangettttt

    ReplyDelete
  10. ini mungkin masalah exitensi aja....
    tapi follower copycat gue nggak suka























    ReplyDelete
  11. Kalo gua sih kalau mau ngetweet mesti mikir dulu, enak gak ya kalo dibaca orang, gua juga mikirin followers kalo gua ngespam kan ga enak

    ReplyDelete
  12. saya suka followers yang.. em..yang..emmm.. yang followers.

    ReplyDelete
  13. Jiah...
    Loe juga pernah: MadzJKT48 <- yang sialnya kena cegat JKT48 Operation Team :p

    Gw juga pernah: Joe_DuPree karena nge-fans sama Eisley.
    Trus gw balik ke username yang sekarang karena nggak bawa hoki :)

    ReplyDelete

Setelah membaca, alangkah baiknya meninggalkan komentar. Karena komentar adalah sebuah apresiasi untuk penulis blog. Diharapkan komentar tidak mengandung spam dan kata-kata yang tidak pantas.

Terima Kasih.