Saturday, September 29, 2012

Nulis itu kegiatan yang gak mengasyikkan.......

Klo blog ini hidup, mungkin dia ingin menjauhi gue. Kyk pacar yang ditinggalin berbulan2, dia akan minta PUTUS. Yap, semakin lama gue jarang sekali menulis. Gak seperti dulu waktu lagi jaya2nya, gue bisa nulis 4 tulisan dalam satu bulan. Tapi sekarang paling sedikit gue nulis cuma 2 postingan di setiap bulan. 

Banyak hal yg menghalangi gue untuk berpikir nulis di blog. Salah satunya seperti twitter, facebook, game, kuliah, dll. Namun bagi gue itu semua tidak ada manfaatnya klo gue gak ngeluangin waktu untuk nulis di blog ini.  Nulis itu sudah di ajarin waktu gue SD. Seperti bikin2 karangan, tulis2 tentang pengalaman liburan bersama keluarga, hingga gedenya gue berhasil nulis berbagai kesialan gue di blog ini. Dan kyknya gue butuh banyak referensi, inspirasi, dan ide lagi dalam menulis.

Write is FUN! Menulis itu menyenangkan, kawan!

Tapi dalam kegiatan menulis, kita harus memberikan tulisan yg bermanfaat ke para pembaca (Sudah banyak gue bahas tentang ini). Tapi yg paling penting itu adalah pembaca itu juga niat membaca blog kita. Seperti kebanyakan orang indonesia kebanyakan menerapkan budaya malas membaca. Klo ada pembaca yg gak niat baca blog kita, itu sama kyk penonton stand up comedy tapi gak mau nonton stand up itu sendiri. ya sama2 gak dihargai. Padahal ide menulis dan materi lawakan stand up comedy itu ngedapatinnya gak gampang. 

Mari kita balik ke diri kita sendiri sebagai penulis blog.
Pembaca kadang gak niatan membaca itu dikarenakan kita sendiri yg gak disiplin dalam menulis postingan. Coba lo bayangin misalnya lo udah eksis2nya dan mendapati banyak teman. Tapi, lama kelamaan lo semakin menjauh dari mereka. Ketika balik lagi, temen bukannya care kyk dulu lagi, melainkan cuma melihat lo sekilas dan hanya berkata "Eh, apa kabar?", "Apa pekerjaan sekarang?" (Kata2 sapaan formalitas untuk yg gak lama ketemu).

Yang paling penting gue dan teman2 penulis blog lainnya, harus disiplin lagi dalam menulis blog. Gak penting lo buat tulisan lo itu berkesan "Wah"...klo gak sempat mendekorasikannya, ya cukup tulisan saja. Sama kyk gue dulu yg lagi eksis2annya pakek gambar/comic strip untuk mempercantik postingan...tapi cuma tulisanlah yg mendarah daging disitu.

Gue menemukan cemistry dan semangat gue lagi buat nulis. itu karena ada 2 orang ini @Shitlicious dan @Radityadika yang sedikit men-share tentang tulis menulis di blog. Rasanya gue sayang banget melupakan blog gue yang udah eksis dari tahun 2011. 

Salah satu tweet raditya dika yg bikin gue semangat lagi buat nulis di blog.
Apalah artinya menulis klo lo lebih mementingkan keistimewaan seperti takut gak laku, gak komersil, dll. Keistimewaan tulisan lo sendiri bakal lo temuin jika lo terus eksis dalam menulis. Pembaca lo pasti dapat menilai tulisan lo dan menemukan khas tersendiri. Nah dari pada itu, SHUT UP AND WRITE!! DIAM DAN TERUS MENULIS!

Tapi yg lebih penting...Nulis itu kegiatan yg gak mengasyikan....klo lo gak rajin dan disiplin dalam menulis. Semoga gue dapat sadar diri dan terus memperjuangkan bakat menulis gue #MyselfTalk

16 comments :

  1. AKHIRNYA BANG MAMADZ BAKAL AKTIF NGE-BLOG LAGI MINNAAAAA !!!!!
    #SujudSukur

    ReplyDelete
  2. Mantap...
    mari menulis, pertahankan, dan turunkan harga beras!!

    ReplyDelete
  3. untuk sebagian orang emg nulis itu asyik :D

    tp yg bikin males nulis itu adalah mood kita sendiri :D

    ehmmm...ehmmm #sambilngunyahburger

    ReplyDelete
  4. iyaaa... nggak usah mikir macem-macem, pesimis...
    menulis selalu punya manfaat, paling tidak buat diri kita sendiri :)

    ReplyDelete
  5. @Farid: -__- lebay rid. *pukul*

    @Umar: Apa hubungannya semangat menulis dgn turunkan harga beras? -.-

    @The Burger Man: Mood itu kan memang dasar dianya yg pemalas -_-

    @Septi: Nice! Betol. (y)

    ReplyDelete
  6. iya bener! gue juga gitu, walaupun lagi males,capek tapi kalau diem dan coba nulis pasti lama-lama keasikan dan gak bisa berhenti sampe tulisannya selesai.

    ReplyDelete
  7. wduh gan ane suka menulis tpi tulisan acak acakkan nie *trbukti bnyak guru yg ngomel2 krna tulisanku yg gk rapi* komen back yaw

    ReplyDelete
  8. bang mamad kembalii \(^0^)/

    iya bener, kalo kelamaan ga nulis rasanya aneh jadi kagok kagok gimana gitu :/

    ReplyDelete
  9. terus semangat nulis.... aku udah membaar sejak dahulu kala, biarin orang mau baca, ato mau ngoyak2 tulisanku yang penting nulis teruss,

    aku jadi member ke 782, wow banget ya?
    haha, salam kenal ya

    ReplyDelete
  10. Itu normal Madz, bisa lebih hiper lagi kalau si om Ferdian yang update blog. LOL.

    ReplyDelete
  11. kalo ngedenger seminar kemarin, ngeblog itu ga susah dan ga mudah tapi ngeblog itu indah

    ReplyDelete
  12. Gue doyan nulis! Gue doyan makan! Tapi gue ga doyan nulis sambil makan!

    ReplyDelete
  13. nulis yuuk biar jadi kegiatan yg mengasyikkan...

    ReplyDelete
  14. asyiiik semangat ya nulisnya bang :)

    ReplyDelete
  15. nulis itu.......????????????
    syekk brow.......

    ReplyDelete

Setelah membaca, alangkah baiknya meninggalkan komentar. Karena komentar adalah sebuah apresiasi untuk penulis blog. Diharapkan komentar tidak mengandung spam dan kata-kata yang tidak pantas.

Terima Kasih.