Saturday, February 22, 2014

Tipe-Tipe Visitor Blog


Dari tahun 2011 silam, sampe sekarang gue masih ngeblog. Tujuan awalnya gue ngeblog ya untuk nulis, menceritakan kehidupan sehari-hari, menunjukkan bakat, dan yang pasti nggak berharap dapet duit. Kalau ada rezeki, alhamdulillah. Itung-itung, itu juga sebuah prestasi gue karena konsisten. Gue nggak pernah stress kalau ngeblog, soalnya emang dari awal nggak mikirin materi dari tujuan blog. Alias, untuk senang-senang.

Di dalam ngeblog, ada kebanggan tersendiri. Dimana tulisan lo mendapat apresiasi dari pengunjung dan pembaca berupa komentar. Tapi, jangan stress juga kalau postingan blog lo nggak ada yang komen. Syukur-syukur ada yang baca. Yang pasti, jika lo terus ngeblog, pasti dapet temen yang hobinya ngeblog juga. Trus, bisa sharing-sharing dan berbagi ilmu soal ngeblog, deh.

Pembaca dan pengunjung itu bagi gue berbeda. Bedanya, kalau pembaca ya dia bener-bener baca. Sedangkan pengunjung, dia sekedar mengunjungi blog lo untuk melihat Design template, sekedar blogwalking, dan bisa juga karena nyasar atau nggak sengaja nge-Klik. Secara keseluruhan, bisa dibilang sebagai visitor.

Kali ini, gue bakal ngebahas berbagai macam tipe-tipe visitor blog, Yuk mareee.

...

1. Silent Reader 

Ada pepatah yang bilang "Diam adalah emas", berarti diam adalah tai. Karena tai warnanya sama kayak emas. Bahkan, ada di cerita rakyat soal boker yang mengeluarkan emas. Jangan jadi silent reader, jadilah orang yang selalu mengeluarkan pendapat. Itu adalah cara yang paling dasar bikin Indonesia maju. Kalau sebuah negara isinya rakyat yang nggak mau bicara atau berpendapat, bisa kacau.

Sayang banget kan, udah capek-capek baca postingan, nggak komen sama sekali. Di dalam hidup ada yang namanya bagus dan jelek. Kalau baca postingan bagus atau jelek, jangan segan-segan untuk komentar. Budidaya berpendapat.

2.  Anonim

Ini yang paling kampret, bisanya cuma komen tapi nggak nunjukin diri. Kalau direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari, ini adalah tipe orang yang nggak bertanggung jawab. Contohnya, minjam uang temen, udah lewat jadwal tempo pembayaran, dia pura-pura nggak tahu dan bersembunyi. Alangkah baiknya, tunjukkan diri lo ketika komentar. Ntar kalau argument lo salah, lo bisa gue malu-malu-in.

Astaga...

3. Jump Reader

Ini istilah yang gue bikin sendiri. Namanya "Jump Reader", karena ada pembaca yang baca postingannya sambil lompat-lompat. Maksud gue, bacanya nggak secara kesuluruhan. Jadi, kalau dia mengeluarkan komentar, nggak nyambung apa yang dibahas di dalam postingan. Kalau bener-bener baca, bacalah dari awal sampai habis.

4. Tak Tentu Arah

Ini bisa dibilang pengunjung yang nyasar. Nyasar karena kejebak keyword-keyword aneh di Google, alias kejebak dengan sengaja. Sengaja mencari sesuatu dengan keyword tersebut. Contohnya, ini...

Ya ampun, blog gue masuk kategori blog bokep di Google.

5. Ngarep

Ini salah satu visitor yang ngarep untuk di follback. Selain minta follback, kerjaannya spam mulu di kotak komentar. Ingat, melakukan sesuatu itu jangan di awali dengan harapan, tapi niat. Melakukan sesuatu juga harus ikhlas tanpa pamrih. Ntar, bakal ada balesannya, kok. Kalau tulisan dan postingan blog lo berkualitas, pasti akan banyak yang baca, komentar dan follow

Jadi, tipe-tipe visitor seperti apalagi yang pernah kalian temui saat blogging? share dimari, yuk!

"Sebagai penulis blog, kita memang butuh yang namanya apresiasi berupa komentar. Disaat sebagai visitor, alangkah baiknya kita sadar dan ikhlas dalam memberi apresiasi ke penulis. Feedback itu penting." - Ucok (Kernet Oplet)
Sumber Gambar Baca Blog By Spellbrand.com 

63 comments :

  1. Wah gue termasuk yang ngarep Mad, ngarep dapet duit. :P

    ReplyDelete
  2. Silent reader :/ bahkan ngga pernah dikunjungin balik juga diem-diem aja tuh ~ hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silent Reader bisa juga di artikan sebagai kegiatan kepo-mengepo. :|

      Delete
  3. Visitor yang baik hati kok ngga ada? Misalnya yang baca baik-baik setiap tulisan yang bisa dibaca, lalu komentar sebaik-baik yang bisa dikomentarin. Gitu. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu sih kita memang sudah tau lah. hehehe :D

      Delete
  4. Blog bokep? Yaampun -_-
    Silent reader itu kayak pengagum rahasia gituh yah? Btw, aku mantan alumnus Jump Reader ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. jangan-jangan baca postingan ini lompat-lompat juga. :p

      Delete
  5. Keyword ke blog gue juga kategori bokep .__.)/

    ReplyDelete
  6. untunglah aku tidak termasuk darisatupun tipe yang di sebutkan .. *aman :)

    ReplyDelete
  7. kayaknya masih masuk kategori ngarep nih gue. ngarep di kunjungin balik. tapi gue ga pernah nye-pam kok,, cius dehh.. cumpaahh.. :D

    ReplyDelete
  8. *silent reader* muehehe mau bales komentar pakaigambar, tapi gabisa :(

    ReplyDelete
  9. buset, keyword yang nyasar bokep amat bang, apa jangan-jangan ada konten begituan hahaha

    ReplyDelete
  10. Gue kalo suka sama satu blog biasanya malah jadi silent reader. Ngerasa ngga enak aja mau komen. Malah takut 'ngerusak' blognya.

    ReplyDelete
  11. Gue pernah nomor 1 sama 3. Sekarang udah gak jump reader lagi sik. Haha
    Madz, apa kabar blog gue yang ada embel-embel "nungging"-nya? -_-

    ReplyDelete
  12. silent reader paling nyebelin yaa -_-

    ReplyDelete
  13. Gue termasuk silent reader dong ya.. -______-

    ReplyDelete
  14. mantep.. kalau untuk melihat atau korscek kata kunci kayak di admin itu gimana ? Sehingga admin blog tau, kata kunci yang biasa di cari di google... Salam kenal admin. Smga mampir ke blog gue :)

    ReplyDelete
  15. Gue kadang-kadang termasuk Silent Reader ama Jump Reader.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus gue mungkin juga termasuk visitor blog yang Ngarep, bang. Ini kebukti dari gue komen dua kali di blog lo. Dengan harapan adanya ump-ah sudahlah....
      :v

      Delete
    2. Huahahahaha.. kampret, ya udah.. sini link lo. :)))

      Delete
  16. penyakit kronis nih para blogger or non blogger, izin share ya mas di fb aku,,,

    ReplyDelete
  17. Pada waktu tertentu saya bisa jadi silent rider, cuma pada saat ini saya sering jadi jumping rider, dikejar kerjaan kantor.. Hahaha
    Yang penting dapat pesan yang ingin disampaikan penulisnya, selesai!.. :)

    Salam..

    ReplyDelete
  18. iya gan, apalagi kalo yg komen pake anonymous... males balesnya :D

    ReplyDelete
  19. Hahaha.. aku juga malas kalau ada yang komen mengandung modus2 folback gitu atau sekedar bilang nice tips. thanks. bermanfaat.. terus bagi link hidup di kotak komenku hadeehh.. menurutku ga perlu pamrih kalau mau komentar/ BW ke blog orang. kalau tulisannya bagus itu udah otomatis dikunjungi kok. :) btw, kartunnya bagus tu gan :) kartunis ya? hehe

    ReplyDelete
  20. Tergantung sudut pandang sepertinya, kalau gue asal datang aja...itu udah baik...mau dia silent reader, jump reader, animous atau apalah...tapi, gue gak gitu, ya, haha....

    ReplyDelete
  21. wkwkwk ada benernya jg nih catatan si madz :D

    ReplyDelete
  22. Keren mad, gue sih yes sama postingan elu yang ini. Gak tau kalau mas Anang...

    Eh, tapi gue termasuk type visitor yang mana ya ? Oh Type visitor yang tampan kayaknya. Kayaknya sih..

    ReplyDelete
  23. ngomong2 soal pengunjung, saya paling benci sama komentar dari obat2an itu. isi komentar gak nyambung sama tulisan -__-

    ReplyDelete
  24. Gue termasuk tipe silent reader yang ngarep *lho
    Gue pernah nemuin komentar yang ngomentarinnya sedikit tapi promosiin blog dianya banyak. Mungkin dia tipe jump reader yang ngarep :|

    ReplyDelete
  25. hahahha kampret.. blog gue juga gitu.. ada keyword cewek telanjang, kamar cewek dan sebagainya :D
    btw lama gue nggak komen di blog lo mad :3

    ReplyDelete
  26. paling sama pengunjung yang ngga bisa menghargai karya gue sampai sampai komen spam yang cuma cari linkback.. huft..

    ReplyDelete
  27. Gue setuju sama semua tipe yang lo ambil haha. Emang kebanyakan kayak gitu. Mungkin gue dulu juga gitu, yaah berusaha nggak munafik sama diri sendiri ^^ Hahah!

    ReplyDelete
  28. Semua yang lu sebutin, gue banget.
    Ya pasti semua yang lu sebutin mungkin mempunyai alasan sehingga mereka kaya gitu. Misalnya keburu paketan di warnet mau abis, atau limit gratisan internetan.

    ReplyDelete
  29. gue termasuk komentator aktif blog lo yang bahkan belom pernah dapet komentar balik di blog gue dari lo, mad. :'3

    ReplyDelete
  30. Astaghfirullah,blog bokep...buahahahahaha
    Emang bener segala hal itu pasti ada imbal baliknya,sekarang gue tau kenapa blog gue alhamdulillah sepi -_-

    ReplyDelete
  31. biasanya silent reader sih.. kalo ngeliat posting nya penuh dengan tulisan, tanpa ada gambar sedikit pun biasanya langsung di close tab aja.. hehe. :)

    ReplyDelete
  32. sebenernya gue lebih sering jadi SR, kalo komen sembarangan takut ada yang kesinggung soalnya :P

    ReplyDelete
  33. kayaknya aku masuk di silent reader deh -__-

    ReplyDelete
  34. Silent reader atau ckmenter tergantunh abis baca post nya tertarik buat komen apa gak.. kalo maksain komen malah jadinya nyampah hahaha
    Yg paling ngebetein tuh jump readre bagi gw.
    Tapi gak muna masih sering ngarep juga. Hahhaha
    Main ke blif saya kk (tuh keluar ngarepnya.. hahahah)

    ReplyDelete
  35. Gue tergantung postingnya bang mad :v

    ReplyDelete
  36. Dari point nomor empat, KOMINFO ga nge-blokir blog ini karena dikira blog mesum Madz? :v

    ReplyDelete
  37. Kadang, gue suka kayak point 3, tergantung sih, kalo menarik ga bakalan kek gitu.

    ReplyDelete
  38. I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I dont know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often.

    Logo Design

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Nice Blog..i also create logo design,web design services for the best logo company
    Visit ..
    https://logoscientists.com/web-design-services

    ReplyDelete
  41. https://logoscientists.com/web-design-services

    ReplyDelete

Setelah membaca, alangkah baiknya meninggalkan komentar. Karena komentar adalah sebuah apresiasi untuk penulis blog. Diharapkan komentar tidak mengandung spam dan kata-kata yang tidak pantas.

Terima Kasih.