Saturday, February 8, 2014

Awas, lo kena FOMO PHOBIA!


Internet bikin kita banyak memiliki wawasan. Selain itu, Internet juga bisa berdampak buruk. Bahkan dampak buruk itu bisa menjadi sebuah kebiasaan yang selalu dekat dengan kita. Salah satunya, mengalami gejala Phobia. Phobia itu bernama, FOMO PHOBIA.

"Emang, FOMO PHOBIA itu apaan, mad?"

Nama FOMO PHOBIA sendiri berasal dari kalimat Fear Of Missing Out (FOMO). Jadi, FOMO PHOBIA adalah ketakutan berlebih ketinggalan Informasi atau kabar ter-update/nge-trend di social media (internet) yang kita alami sendiri sebagai pelaku internet, atau yang paling dekat adalah selebtweet. 

Contoh kecilnya, baru bangun tidur, bukannya cuci muka malah langsung nyari hape untuk buka twitter atau sekedar untuk melihat timeline dan mention yang masuk. Karena keasikan main twitter, lupa sama jadwal kuliah, duh.

Sebenarnya, gue rada-rada terkena HOMO FOMO PHOBIA, sih. Sebagai orang yang suka nge-blog, gue dituntut untuk mengetahui segala Informasi ataupun yang lagi nge-trend di dunia maya agar nggak kehilangan ide untuk terus update blog. Nggak terlalu sering, minimal update seminggu sekali biar nggak stress. 

Ada juga yang updatenya kebangetan, misalnya orang-orang yang udah terkenal di dunia maya. Mereka terus update tweet, blog, dan segala yang berhubungan dengan dirinya. Itu disebabkan karena tuntutan pekerjaan. Jadi, kalau pengen terkenal, bersiaplah terus dikekang oleh jadwal update

"Dampak FOMO PHOBIA apaan sih, mad?"

Lo tau sendirilah, dengan banyak beraktifitas di dunia maya secara berlebihan, tentunya lo bakal sia-sia-in waktu di dunia nyata. Sosialisasi bisa berkurang, serta nggak bisa bagi waktu dengan urusan akhirat. Manusia adalah makhluk sosial, bukan makhluk jejaring sosial. Secara nggak sadar, kita telah melawan kodrat. 

"Wah, bahaya juga ya. Cara hindarinya gimana?"

Langsung aja, gue bakal bagi bagaimana cara menghindari FOMO PHOBIA. Setidaknya, bisa meminimalisir kegiatan di dunia maya. Cekidot!
Cara Menghindari FOMO PHOBIA

1. Selalu Sign Out Social Media di Smartphone

Gue nggak nyuruh lo ninggalin Smartphone, apalagi kalau Smartphone lo itu tersimpan data-data penting dan jaga-jaga kalau ada yang menghubungi. Tapi, coba selalu gunakan fitur Sign Out sewaktu habis menggunakan social media kayak Twitter. Biasanya, nih, orang yang main social media di Smartphone itu nggak pernah Sign Out, jadinya kalau ada pemberitahuan, dikit-dikit nge-check.

Cobalah untuk Sign Out, biar kalau mau main Socmed, bisa Sign In lagi. Bagusnya kalau cara ini repot, syukur-syukur lo nggak selalu nge-check socmed.

2. Gunakan Jadwal Internet-an Semestinya 

Gue kalau mau internet-an, kalau ada butuhnya saja. Kalau mau update blog (minimal seminggu sekali), gue buka laptop. Kalau ada email masuk, gue buka laptop. Dan kalau mau update tweet, gue sign in di Smartphone. Dari itu semua, gue belajar memaksimalkan pola istirahat gue.


3. Hentikan Pengguna-an Internet Sewaktu Melakukan Kegiatan di Dunia Nyata

Gue bete' kalau lagi asik-asik ngobrol sama temen, eh temen malah main Smartphone buat nge-check socmed. Apalagi kalau lagi seru-seru nya ngebahas sesuatu, ada bunyi pemberitahuan socmed masuk. Yang pasti, ini bikin lawan ngobrol lo merasa dicuekin. Kalau memang penting buka socmed, gunakanlah sewaktu obrolan usai.


4. Berusaha Untuk Mencari Kegiatan Dunia Nyata 

Ini penting banget, apalagi sebagai makhluk sosial kayak kita. Gue serasa mati gaya kalau dalam sehari saja nggak ada kegiatan. Gue berusaha untuk mencari kegiatan di dunia nyata dalam bentuk apapun itu. Kalau nggak ada janji sama temen buat nongkrong, biasanya gue melakukan sesuatu yang ingin gue bikin. Baik itu berupa video, tulisan, dan hal-hal yang bikin gue kreatif.

Kalau memang semua itu lagi males gue lakuin, gue bakal jalan-jalan sambil bawa motor untuk mencari inspirasi atau sekedar nyari angin. Termasuk, cuci mata liatin cewek-cewek, siapa tahu ada yang jomblo.

5. Sholat dan Ibadah

Yang ini pasti penting banget lah, ini juga ampuh untuk meminimalisir bermain Internet, apalagi kalau melakukan ibadahnya dengan rutin dan sungguh-sungguh. Kalau urusan akhirat, emang harus di- nomor satu-kan.


Itulah yang bisa gue share tentang menghindari FOMO PHOBIA. Jadi, bagaimana cara lo untuk meminimalisir penggunaan Internet?

Komen, yak!

"Internet memang untuk menambah wawasan, tapi sesuatu yang berlebihan tetaplah tidak baik". - Joko (Tukang Sol Sepatu)
Sumber Gambar Fomophobia By hlntvcom 

29 comments :

  1. Fomo phobia? awalnya waktu baca judulnya bingung banget, apaan itu fomo phobia, tapi ternyta ketakutan ketinggalan informasi. Setuju banget, banyak yang bangun tidur langusng ngecek sosial medianya, mau twitter, paht, atau migg33.

    Bener banget. Manusia emang makhlauk sosial bukan makhluk jejaring sosial.

    ReplyDelete
  2. gue ini baru bangun tidur trus gue langsung nyalain laptop, eh liat postingan ini, kirain gue homo ternyata fomo, fiuh..

    ReplyDelete
  3. Gue lagi ngerasain ini, lagi gak bisa lepas dr internet.
    buat meminimalkan penggunaan internet di smartphone mungkin bisa dgn cara.. jangan pake paket internet dgn begitu pulsa bakal cepet habis dan lu bakal mikir2 lagi kalo mau internetan.

    ReplyDelete
  4. sekarang ini update-tan udah jadi kebutuhan, dan kebetulan gue pernah nih ngalamin hal yang begini yang berdampak pada berantaknya hidup gue, tapi akhirnya setelah kena imbasnya gue jadi sadar~
    semua hal memang harus disikapi dengan bijak ^^

    ReplyDelete
  5. "Internet memang untuk menambah wawasan, tapi sesuatu yang berlebihan tetaplah tidak baik". - Joko (Tukang Sol Sepatu) haha nice quote #KagakNyambung -_-

    kayaknya aku juga termasuk dalam FOMO Phobia -_-

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. wah, gue ternyata termasuk fomo phobia ya?
    semua aplikasi socmed gue daftarin, instagram, path, 4square, tapi lama kelamaan bosen juga.
    malah udah lama ga apdet disana, sering2nya ya twitter lagi, fesbuk lagi -_-

    ReplyDelete
  8. betul itu. sy jg hampir masuk ke lubang itu sblm bc tulisan ini. yg paling terasa adl waktu utk nambah tabungan akhirat. eh bukan nambah, tapi nyari,.krn blum punya tabungan.
    makasih ya sdh mengingatkn. smga ngeblognya barokah.

    ReplyDelete
  9. kalau sekarang gak fanatik" banget sama social media.

    ReplyDelete
  10. aku ngerasain ini. rasanya susah banget ngelepasnya -_-

    ReplyDelete
  11. gak mau kena fomo phobia... uaaaa....

    ReplyDelete
  12. Fomo phobia? baru tahu gue mad :D
    Sejak kenal internet, semua orang akan jadi fomo phobia. Maybe...

    ReplyDelete
  13. Wah saya baru tau perihal Fomo Phobia ini. Sepertinya saya dulu pernah kena serangan phobia yang satu ini tapi sudah berhenti gegara kepikiran manfaatnya juga kurang penting. Yah kalau salah menyikapi internet, internet yang awalnya bisa mendekatkan yang jauh, malah bisa mejauhkan yang deket.

    ReplyDelete
  14. Kena fomo phobia? Kayaknya saya banget tuh!
    Udah dari SD kenal internet, sekarang udah SMA dan internet udah kayak nggak bisa lepas dari hidup saya. *parahnih*

    ReplyDelete
  15. Pertama baca kirain Homo Phobia, ternyata Fomo haha. Sepertinya gue kena Fomo Phobia ini :|

    ReplyDelete
  16. Hampir lah kena virus fomo phobia :( Dan 5 tips buat terhindarnya itu betul banget! ^^

    ReplyDelete
  17. Sukak banget sama yg ngasih quotes paling bawah :v

    ReplyDelete
  18. kalo aku sih emang ga terlalu suka kalo ada orang yang diajak ngobrol tapi malah maenan hp, hoho...
    kalo pun baru bangun pegang hp, aku pasti dengerin lagu aja, bukan buka socmed hehe...
    oya, maen2 ke blogku ya, ada review buku, kalo suka hayo dibeli ^^

    ReplyDelete
  19. gue baru denger bang phobia ini deh. Tapi seiring bertambahnya usia kita pasti udah lebih ngerti. Sekarang aja gue udah gak terlalu kecanduan media sosial bang. Dulu-dulu sih iya, tiap bangun tidur pasti langsung ngecek hape, liat ada berita terbaru apa. Tapi sekarang mah udah nggak gitu lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener nih. Setuju. Dulu pas awal-awal sih gue bisa dibilang kena fobia macam ini. Tapi kesinian, gue agak mengurangi dan lebih bijak ngegunainnya :))

      Delete
  20. Wah kayanya gue juga kena nih.. Yg FOMO Phobia...
    Makasih Bang Mamad dah ingetin.. :)

    ReplyDelete
  21. wow....
    parah juga ya efeknya...
    sayangnya saya hanya fomo sama berita sepakbola saja...
    :P

    ReplyDelete
  22. gkgkgkgkg,,,dlu sempat kena yg namanya phobia ini,,,
    untung skrg dh bisa mengendalikan hati tuk mencet2 hp mulu ngecek notifikasi,,,

    nice post bro,,,

    ReplyDelete
  23. itu yang tentang temen kalo lagi ngobrol asik sama handphonenya ngurusin socmed doang tuh kadang bikin kesel rasanya pengen menyudahi pembicaraan soalnya udah males duluan

    ReplyDelete
  24. Ati-ati tuh buat cowok-cowok yang suka main socmed tapi masih malu-malu kucing buat kenalan atau interaksi ama cewek, seringnya interaksi ama cowok. Bisa-bisa FOMO PHOBIA berubah jadi HOMO PHOBIA

    ReplyDelete

Setelah membaca, alangkah baiknya meninggalkan komentar. Karena komentar adalah sebuah apresiasi untuk penulis blog. Diharapkan komentar tidak mengandung spam dan kata-kata yang tidak pantas.

Terima Kasih.