Saturday, March 1, 2014

Yang Dilakukan Sebelum Menghadapi Ujian Akhir


"Mad, BANGUN! UDAH PAGI, NIH!" Emak gue membangunkan gue dengan nada kayak terompet sangkakala.

"Lagi nggak ada mata kuliah ma..." Gue tidur lagi..

"Iya, memang nggak mata kuliah, tapi katamu hari ini ada UTS susulan!"

Dengan sekejap, gue udah mandi dan langsung ke kampus. Tiba-tiba tujuan gue berubah ke warnet, karena telat masuk.

Memang, gue adalah orang yang nggak tahu sama yang namanya jadwal ujian (apalagi susulan). Menurut temen gue yang kuliah di jurusan psikolog, gue termasuk orang yang nggak gampang stress. Iya, gue nggak punya banyak pikiran. Gue senang melakukan apa yang gue rencanakan ketimbang mikirin jadwal. Gue lagi dalam masa-masa belajar, belajar untuk menghargai/mengatur waktu. Makanya gue butuh yang namanya "Pacaran", biar bisa belajar mengatur waktu.

"Gimana mau belajar mengatur waktu, selagi jomblo aja jadwal lo berantakan, mad"

"Shit!"

Sebenarnya, postingan kali ini gue nggak ngebahas soal waktu ataupun jadwal. Yang mau gue bahas adalah tentang ujian. Lebih tepatnya, yang dilakukan orang sebelum menghadapi ujian akhir. Bukan ujian hidup. Kalau butuh pelajaran mengenai ujian hidup, silahkan kalian cari artikel blog-blog religi dan motivator.

Oke, langsung aja. cekidot!

1. Beli Kunci

Bentar lagi UN (Ujian Nasional) 2014 bakal digelar. Nah, disinilah banyak siswa-siswa mendadak jadi banyak duit atau membobol tabungannya demi membeli kunci jawaban. Waktu SMA, gue juga hampir mau beli kunci jawaban. Gue juga bohong sama nyokap gue dengan modus bayar duit SPP. Karena gue ragu dan nggak percaya akan kunci jawaban, akhirnya duit itu gue bayar buat SPP. 

Emak gue kaget, karena ngeliat kartu SPP gue yang udah melewati bulan yang semestinya. Alias, kelewatan lunas. Walau tuh duit nggak bisa beli kunci jawaban, yang penting bisa beli sedikit kunci kebahagian untuk orang tua. 

Ngeles....

2. Ber-nazar

Mau menghadapi ujian akhir, banyak diantaranya siswa-siswi yang mendadak religius. Gue seneng aja, tapi setelah lulus dan melakukan nazar, mereka kembali seperti semula. Nazar nya juga bervariasi, ada yang religius banget, sedang, dan nggak religius sama sekali. Contoh nazar yang nggak religius itu adalah "Kalau lulus, gue bakal usaha dapetin cewek.."..

3. Belajar

Belajar itu memang yang utama kalau urusan pendidikan. Ada yang benar-benar belajar (walau nggak ada ujian tetap belajar), dan ada juga yang pura-pura belajar. Yang pura-pura belajar ini biasanya suka menjual kata "Belajar" sebagai alasan untuk main-main dan keluar rumah.

"Kamu mau kemana?" Kata nyokap..

"Mau belajar, ma.." 

"Trus, kenapa keluar rumah? kan besok mau ujian.." Kata nyokap sedikit curiga.

"Belajar di rumah temen ma, biar enak gitu belajar bareng.."

Dan pas pengumuman kelulusan, lo nangis..

4. Refreshing

Refreshing itu perlu untuk menyegarkan pikiran karena terlalu berat menjalani aktivitas belajar. Yang anehnya, ada yang refreshing sebelum belajar. Alasannya, sih, untuk pemanasan otak. Ya terserah deh, pas pengumuman kelulusan, lo nangis.

5. Bikin Strategi

Sebelum menghadapi ujian, siswa-siswa semakin kreatif dan pinter. Contohnya, banyak siswa-siswa yang menyusun strategi. Strategi itu bisa berupa bikin tepekan, menyimpan tepekan saat menghadapi ujian, akses menyontek dari sisi tempat duduk, dan mempelajari kode-kode menyontek (dibutuhkan kerjasama dengan temen..) 

Hati-hati aja, sih... semoga strateginya nggak dibongkar pengawas. Ntar pas liat pengumuman, lagi-lagi lo nangis.  


Jadi, point yang mana lo lakuin sebelum menghadapi ujian akhir? Kalau ada point yang perlu ditambah, tinggalkan melalui komentar ya..

Selamat Menghadapi Ujian Akhir !

"Kenapa harus takut menghadapi ujian akhir? Toh, kita suka meremehkan ujian hidup bukan?" - Rohim (Siswa sekolah baru dibangun)
Sumber Gambar Siswa UN By www.Solopos.com 

24 comments :

  1. Kata mama, "Buat apa refreshing? Refreshing itu setelah UN bukan sebelum UN." Dan akhirnya, gue gagal pergi -___-

    ReplyDelete
  2. Penginnya yang point 'Belajar' ditaro di pertama, bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini namanya strategi dalam memposting. Lagian kata "Belajar" bersifat umum banget..

      Delete
  3. kenyataannya sich banyakan yang Nazar ketimbang belajarnya gan

    ReplyDelete
  4. biasanya kalau udah mendekati ujian jadi mendadak baik banget sama yang paling pinter di kelas, suka bantuin ini itu, alasannya simple, kebersamaan, biar sama-sama bisa lulus bareng :'' #bukansayabukansaya

    ReplyDelete
  5. Keren nih postingannya jadi keingat pas masa-masa SMA dulu :D

    ReplyDelete
  6. hahha bener jadi inget pas SMA dulu. ada tambahan tuh, berdo'a bersama seangkatan... minta ampun ke Tuhan atas dosa-dosa selama ini, biar di lancarin pas ujian. Ujung-ujungnya yaa nyontek2 juga... :D *jangan di tiru*

    ReplyDelete
  7. UTS susulan? gua langsung inget ketika jaman smp, 3 tahun yang lalu, gua ikut UN susulan dengan beberapa anak dari beberapa sekolah juga, sedih rasa nya dapet nilai pas-pasan, tapi itu udah jalan kita, jadi yang terbaik pasti nya haha

    ReplyDelete
  8. Yang pasti sih harus belajar. Salah satunya belajar bikin contekan yang baik dan benar. Kalo gagal dan ketauan pengawas, lo nangis :D

    ReplyDelete
  9. Belajar paling penting, belajar bkin strategi :)

    ReplyDelete
  10. Belom bisa dibilang "siswa indonesia" kalau belom ngerasain kursi UN 3 kali hahahha..
    bikin strategi.. mau counter attack atau yang lain :D

    ReplyDelete
  11. Yang bisa refreshing di minggu-minggu tenang sebelum UN cuma mereka yang mati-matian belajar setahun terakhir. Kata guru Fisika gue dulu pas SMA :v

    ReplyDelete
  12. ah gue mau un nih bang.... doain ya biar lancar /'-'\

    ReplyDelete
  13. Berlaku juga buat ujian susulan nih haha

    ReplyDelete
  14. Wah berguna bgt ._.

    saling visit kak http://dibawahselimutdinda.blogspot.com :D

    ReplyDelete
  15. Strategi mulai dari bikin resleting di celana bagian paha sampe betis, habis itu dikasih kantong dalemnya. Eh, taunya ada wireless buat matiin sinyal di sekitar ruangan ujian. Gimana tuh mad? disitu sekolahnya ada yang gitu nggak? :))

    ReplyDelete
  16. Gue ada sih ritual khusus buat ngadepin ujian, tapi rahasia. Karena ini bisa berhasil 100% asal ngikutin step by step aja. Minat? Bisa follow gue di twitter http://twitter.com/indrathrw #GelarLapak

    Salam dari Blognya @indrathrw

    ReplyDelete
  17. keren artikelnya, oh ya jangan lupa untuk kunjungan balik dan koment balik ya http://ane-aldi.blogspot.com/2014/03/tempat-magang-dengan-gaji-besar.html

    ReplyDelete
  18. jadi inget tahun kemarin ihhh. Semangat adik-adikkuuuuuu :')

    ReplyDelete
  19. jadi inget tahun kemarin ihhh. Semangat adik-adikkuuuuuu :')

    ReplyDelete

Setelah membaca, alangkah baiknya meninggalkan komentar. Karena komentar adalah sebuah apresiasi untuk penulis blog. Diharapkan komentar tidak mengandung spam dan kata-kata yang tidak pantas.

Terima Kasih.