Thursday, December 12, 2013

Tipe Mahasiswa yang Nggak Disukai Dosen


Kalau ngomongin kuliah, gue merasa........ ah, sudahlah.

Bagi yang baru memasuki dunia perkuliahan, pasti moment lo seneng banget. Lo berharap bisa dapet moment-moment kayak mahasiswa-mahasiswa yang ada di Televisi. Setelah beberapa semester dijalani, lo sadar kalau menjalankan kuliah itu susah. Susahnya itu banyak, mulai dari tugas yang menumpuk, Soal UAS yang sulit, Susah buat dateng kuliah pagi, dan susah untuk dapetin jodoh. 

Kalau yang terakhir, bukan curhat!

Sebenarnya kuliah itu nggak perlu di ribet-ribetkan. Cukup cuma rajin hadir, cari perhatian sama dosen, aktif di kelas, dan kalau presentase selalu siapkan pertanyaan/jawaban. Kalau lo punya hobi di luar jam kuliah, lo bisa gabung sama UKM-UKM nya yang kreatif. Semoga UKM di kampus lo ada yang sesuai dengan bakat lo.

Pokoknya, lu musti bersyukur buat kuliah..

Oke, karena dari tadi basa basinya gue ceramah, langsung saja nih gue kasih tipe mahasiswa yang nggak disukai dosen itu seperti apa, cekidot!


Tipe Mahasiswa yang Nggak Disukai Dosen
1. Duduk dibelakang 

Dari mulai masuk kelas aja dosen udah punya penilaian. Penilaian kalau kita itu mahasiswa yang nggak aktif yang cuma modal hadir. Apalagi kalau sampai ribut di belakang. Alhasil, dosen akan lebih buruk menilai kita. Biasanya strategi ini digunakan pas memasuki ujian. Biar gampang nyontek, trus nyuil-nyuil temen di depan untuk minta jawaban.

2. Nggak aktif

Kalau yang tadi duduk dibelakang. Nah, bagaimana dengan yang duduk di depan tapi tidak aktif? Aktif disini adalah suka bertanya dan menjawab jika dosen bertanya. Yang ditanyakan itu mengenai mata kuliah, bukan bertanya tentang hidupnya dosen itu kalau di rumah bagaimana. Ntar malah dicap dosen sebagai mahasiswa kepo.

3. Suka ngobrol

Nah, kalau yang ini berhubungan juga dengan point nomor 1. Ketika dosen menerangkan, jangan sampai ada yang ngobrol, ngegosip, dan cerita tentang film tadi malam. Selain dicap dosen sebagai mahasiswa yang suka ngobrol, lebih parahnya diusir keluar dari kelas.

4. Telat

Jangankan dosen, pacar aja kalau telat bisa-bisa diputusin. Siapa sih yang seneng sama orang yang suka telat. Kalau dimarahi dosen cowok, sih, nggak apa-apa. Kalau dosennya cewek trus PMS itu yang gawat. Bisa-bisa kamu dimarahin tanpa henti dan diputusin. Diputusin dari hubungan Mahasiswa-Dosen. Beh, parah, kan? iya, gue ngaco.

5. Nyontek

Sebagai dosen yang professional, dia nggak suka ngeliat ada mahasiswanya yang nyontek. Dosen seolah-olah merasakan seperti seorang blogger yang konten blognya di copy-paste. Iya, dia susah-susah bikin soal, trus lo dengan gampang menemukan jawabannya melalui internet atau tepek-an. Sama seperti blogger, susah-susah nyari ide bikin postingan, lo dengan gampangnya ambil dan comot dari blog. 

Eh tunggu, sebenarnya ini gue bahas tentang Dosen atau Blogger, sih? Udahlah, pokoknya itu!

Bye! 

Jalanilah kuliah, sesungguhnya kuliah itu gampang menjalaninya.. (Dadang - Lulusan SD)
Sumber Gambar Mahasiswa By id.Wikipedia.org 

24 comments :

  1. Hohho ... jadi mhs. itu asyik asyik gimana gituh ... hehehe...

    ReplyDelete
  2. Weih si dadang quote y keren juga...

    ReplyDelete
  3. wah masukan yang bagus ni buat para teman2 yang sudah duduk dibangku kuliah..

    ReplyDelete
  4. pernah jadi mahasiswa dengan kelima tipe diatas saya bang haha
    tergantung dosen yang dihadapi :D

    ReplyDelete
  5. ane belum jadi mahasiswa gan baru siswa aja. tapi infonya bermanfaat gan saat ane kuliah

    ReplyDelete
  6. Wahahaha gimana mau percaya, Dadangnya aja lulusan SD :))

    ReplyDelete
  7. wohoho ada wangsit buat kuliah nih.... tapi... saya kuliahnya kan masih lama.__.

    karena saya masih baru, salam kenal bang, saya nindya owner blog http://monoerektusnindus.blogspot.com/ ^_^

    ReplyDelete
  8. gue mahasiswa yang cukup aktif dikelas, cukup dikenal para dosen, ikutan himpunan mahasiswa dan UKM juga dikampus tapi ya itu punya penyakit dari dulu sampe sekarang tuh TELAT ! dan dosen itu pasti udah hapal banget sama muka gue yang suka dateng telat hehe

    ReplyDelete
  9. pengen cepet-cepet menyandang status maba :3

    ReplyDelete
  10. Wah, gw pernah merasakan itu semua hehehe.

    ReplyDelete
  11. gua seringan duduk di tengah sih, tapi mojok. trus tidur. haha
    tapi pas dosen nanya, entah kenapa gua selalu tau jawabannya. makanya nilai gua aman sampai sekarang

    ReplyDelete
  12. Dan gue termasuk mahasiswa yg dicintai, bukan hanya sama dosen, tapi seluruh civitas akademika yg ada di kampus.

    ReplyDelete
  13. lol, saya udah asik deg-degan baca (soalnya mau masuk kuliah) terus udah nyimak baik-baik eh pas di akhir taunya yang nulis tamatan SD </3 hahaha tapi itu semua masuk akal tipe2nya. telimikici infonyiii:D

    ReplyDelete
  14. haha, bener banget itu..
    mending tidur daripada ngobrol waktu dosen menjelaskan materi :D
    daripada ngobrol pas ditanya gabisa jawab hehe
    ada lagi kak, tambahannya. Mahasiswa/wi yg sering duduk di pojokkan buka laptop/ gadget dan online pake wifi gartis fasilitas kampus hehehe

    ReplyDelete
  15. semoga aja gue bisa kuliah setelah lulus tahun depan.. Aamiin..

    ReplyDelete
  16. ada satu lagi: mahasiswa yang berani ndeketin anak dosen

    ReplyDelete
  17. Gue bukan tipe mahasiswa yg kaya di atas,, tapi kenapa dosen tetep gak suka sama gue,, apa salah gue,, apa salah gue ?,,, apaa ahh sudahlah

    ReplyDelete

Setelah membaca, alangkah baiknya meninggalkan komentar. Karena komentar adalah sebuah apresiasi untuk penulis blog. Diharapkan komentar tidak mengandung spam dan kata-kata yang tidak pantas.

Terima Kasih.